logo rilis
Ini Enam Partai Diprediksi menjadi "Partai Nol Koma"
Kontributor
Khairul Anom
08 Mei 2018, 17:26 WIB
Ini Enam Partai Diprediksi menjadi
Ilustrasi: RILIS.ID/Sumber LSI Denny JA

RILIS.ID, Jakarta— Pada Pileg 2019 mendatang, ada enam partai yang diprediksi menjadi partai nol koma, yang artinya akan tereliminasi dalam kontestasi Pemilu. Inilah salah satu temuan hasil survey LSI Denny JA yang bertajuk Empat Divisi Partai Politik dan Efek Capres/Program.

Enam partai yang diidentifikasi itu adalah Hanura, PSI, PBB, PKPI, Partai garuda dan Partai Berkarya. Hanura diduga akan melemah karena isu perpecahan partai, tidak terdengar programnya, dan tidak terasosiasi kuat dengan Capres yang kuat. Sementara Partai Solidaritas Indonesia, sekalipun dianggap memiliki publisitas yang cukup, tapi memiliki batu sandungan dengan “blunder” masuknya nama Sunny Tanuwijaya yang berpotensi  di tinggal pemilih Anti Korupsi.

Pun dengan Partai Bulan Bintang yang diduga tidak cukup publikasi untuk menarik pemilih Islam yang menjadi programnya. Adapun PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya hampir punya persepsi yang sama bagi pemilih, yaitu tidak terdengar kiprahnya.

Survei ini sendiri diselenggarakan pada 28 April hingga 5 Mei 2018 terhadap 1.200 responden dengan wawancara tatap muka serentak di 34 provinsi. Metode yang dilakukan dengan multistage random sampling dilengkapi FGD dan analisis media serta indepth interview. Margin of error dari survei ini yakni +- 2,9%.


500
komentar (0)