logo rilis
Ini Dia Tradisi Valentine di Sejumlah Negara!
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Februari 2020, 16:26 WIB
Ini Dia Tradisi Valentine di Sejumlah Negara!
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Setiap tanggal 14 Februari selalu diperingati dengan hari kasih sayang atau valentine. Untuk Indonesia memang tidak ada tradisi khusus mengingat mayoritas penduduknya beragama muslim dimana tidak diperkenankan merayakan hari valentine. Namun begitu lain cerita dengan luar negeri.

Negara-negara lain memiliki keunikan dan tradisi sendiri dalam merayakan hari kasih sayang ini. Berikut beberapa tradisi hari valentine di sejumlah negara yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Perancis

Perancis pernah memiliki tradisi unik yakni kerap disebut "gambar untuk cinta" atau Loterie d’amour. Tradisi ini meminta agar sepasang pria dan wanita mengisi rumah yang saling berhadapan. Pria yang tidak puas dengan pasangannya dapat langsung meninggalkan wanita tersebut, dan wanita tersebut dapat langsung berkumpul di api unggun.

Selama api unggun menyala, wanita diperbolehkan membakar gambar pria yang tidak disukainya dan menghina lawan jenis. Acara ini pun menuai kontroversi sampai akhirnya Pemerintah Prancis melarang tradisi ini.

2. Denmark

Penduduk Denmark biasanya akan mengirimkan bunga berwarna putih yang bernama snowdrops. Selain itu mereka juga saling mengirim lover’s cards (kartu kekasih). Kartu tersebut merupakan kartu transparan yang menampilkan gambar dari pemberi kartu saat memberikan hadiah bagi pasangannya.

Pada 14 Februari, para pria juga memberikan wanita gaekkebrev yaitu sebuah joking letter (surat lelucon) yang terdiri dari puisi lucu atau sajak yang ditulis pada kertas yang di bentuk dengan rumit dan hanya ditandatangani dengan titik-titik tanpa nama. Jika seorang wanita dapat menebak dengan benar siapakah pengirim gaekkebrev tersebut, maka dia akan mendapatkan telur Paskah pada akhir tahun.

 3. Wales

Bukan cokelat atau bunga, penduduk Wales biasanya akan mengirimkan sendok sebagai peringatan hari valentine. Ini berawal ketika abad ke-17, pria Wales mengukir gambar yang rumit di sendok kayu sebagai tanda kasih sayang untuk wanita yang mereka cintai. Pola dan simbol yang diukir di sendok cinta ini, masing-masing memiliki arti yang berbeda. 

4. Tiongkok

Warga Tiongkok ternyata tidak hanya menyambut hari valentine dengan hura-hura. Mereka yang berpasangan lebih memilih untuk datang ke kuil dan berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan mereka. Lalu di malam harinya, mereka akan melihat ke langit untuk menyaksikan bintang-bintang. Romantis ya...

5. Inggris

Wanita di Inggris biasanya akan menaruh lima lembar daun salam yang sudah dicelupkan ke air mawar. Dau tersebut ditaruh di bawah bantal dan sudut rumah. Entah apa maksudnya namun mereka juga akan mendambakan tentang sosok suami masa depan mereka. 

 6. Korea Selatan

Sama seperti di Indonesia, para wanita di Korea Selatan akan memberikan coklat kepada pria pujaannya. Lalu jika diterima, si pria akan membalas berikan cokelat putih ke si wanita pada 14 Maret dimana hari itu dikenal dengan nama White Day

7. Jepang

Di Jepang, mayoritas yang merayakan valentine yakni wanita. Para wanita akan membagikan dua jenis cokelat yakni Choco Giri untuk sahabat dan Honmei Choco untuk kekasih. Sama seperti di Korea Selatan, para pria juga bakal membalas cokelat itu pada White Day sebulan kemudian.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID