logo rilis

Ini Dia Manfaat Pare, Obat untuk Diabetes
Kontributor
Tari Oktaviani
23 Januari 2020, 15:09 WIB
Ini Dia Manfaat Pare, Obat untuk Diabetes
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Siapa yang tidak kenal buah pare?. Namun sudah terkenal, masih banyak orang yang tidak menyukai pare. Hal ini karena rasa pahitnya yang sangat tidak enak di lidah.

Kendati begitu, tahukah kamu bahwa ternyata dibalik rssa pahitnya, pare memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Salah satunya yakni untuk menyembuhkan penyakit diabetes. 

Pare mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi. Selain itu pare mengandung antioksidan yang tinggi

Berikut beberapa manfaat buah pare yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengobati Diabetes

Pare mengandung stereoid saponin (charatins), yakni insulin yang mirip peptida dan alkaloid yang terkonsentrasi di dalam pare. Tak hanya itu saja, pare juga mengandung charantin, vicine, dan polipeptida-p yang merupakan zat aktif antidiabetes. Zat zat tersebut diketahui mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

2. Mencegah sel kanker

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pare mampu melawan sel kanker. Hal ini karena pare memiliki sifat antikanker. Meski begitu dilansir alodokter.com, belum ada penelitian lebih lanjut khasiat pare di tubuh manusia.

3. Sebagai Antivirus

Pare diyakini mampu menghilangkan sejumlah bakteri dan virus terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. coli, Salmonella, Staphylococcus, Pseudomonas, dan Streptobaccilus. Tak hanya itu bahkan pare juga diyakini dapat mengurangi virus berat seperti HIV. 

Mengkonsumsi pare tentunya bisa dengan berbagai cara. Pare diketahui dapat ditumis untuk dijadikan masakan atau bahkan dijadikan minuman jus. Rutin mengonsumsi pare diyakini dapat memberi kesehatan pada tubuh.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID