logo rilis
Ini Daftar Menu Diet Mediterania, Solusi Hidup Lebih Sehat di 2019
Kontributor
Ning Triasih
29 Januari 2019, 17:31 WIB
Ini Daftar Menu Diet Mediterania, Solusi Hidup Lebih Sehat di 2019
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan atau hanya sekadar ingin lebih sehat, diet Mediterania wajib dicoba.

Pasalnya, menurut The US News and World Report seperti dilansir INSIDER, diet Mediterania dinilai sebagai diet terbaik di 2019.

Diet Mediterania merupakan diet yang berfokus pada konsumsi nabati, buah-buahan, sayuran, minyak zaitun dan ikan.

Jika Anda fokus dan benar dalam menjalankan diet ini, Anda akan memperoleh manfaat penuh. Studi jangka panjang menemukan, seseorang yang menjalankan diet Mediterania cenderung berkurang dari risiko penyakit seperti kardiovaskular, ginjal dan kanker payudara, serta dapat membantu penurunan berat badan, kadar kolesterol, bahkan memperpanjang usia.

Lalu apa saja jenis makanan yang tepat untuk Diet Mediterania ini? Berikut beberapa daftarnya:

1. Sayuran hijau

Sayuran terutama yang berwarna hujau merupakan bagian terpenting dalam diet Mediterania. Suzy Weems, ahli diet dan profesor ilmu gizi di Baylor University menganjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau dikombinasikan sayuran merah, oranye dan kuning. Tapi sebenarnya, semua sayuran baik untuk diet ini.

2. Buah-buahan segar

Buah-buahan segar juga sangat penting untuk diet Mediterania. Dalam hal ini, Anda bisa memasukkan aprikot, alpukat, ceri, kurma, melon, atau buah apapun favorit Anda karena semua jenis buah baik.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak sehat. Itulah mengapa makanan ini baik dalam diet Mediterania.
Penelitian telah menemukan bahwa menambahkan lemak sehat dari kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan fungsi kognitif dan membantu penurunan berat badan. Kacang almond, walnut, biji bunga matahari dan kacang pinus direkomendasikan dalam diet ini.

4. Kentang

Kentang terkadang dianggap seperti 'karbohidrat buruk'. Tapi hal ini tak berlaku dalam Diet Mediterania. Pasalnya, kentang juga memiliki banyak nutrisi, serta bisa menjadi sumber kalium, vitamin C, vitamin B6, serat dan banyak lagi. Cobalah makan kentang putih dan ubi jalar, tapi jangan berlebihan.

5. Seafood

Makanan laut khususnya ikan berlemak sangat dianjurkan dalam diet Mediterania. Ikan berlemak memiliki banyak omega-3 yang dapat membantu memperlambat penumpukan plak di arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa jenis ikan yang tepat seperti salmon, sarden, mackerel dan lele.

6. Minyak zaitun alami

Minyak zaitun alami adalah inti dari Diet Mediterania. Penelitian menemukan bahwa memasak sayuran dengan minyak zaitun lebih sehat daripada mengukus atau merebusnya. Serta bisa menurunkan berat badan.

7. Produk susu

Asalkan tak berlebihan, susu juga merupakan bagian penting dari diet Mediterania. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan susu ke dalam diet Mediterania dapat menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung. Pilihlah yogurt dan keju.

8. Telur

Telur merupakan salah satu sumber rotein yang baik serta berfungsi sebagai tambahan makanan sehat. Penelitian mengungkapkan bahwa kolesterol dari telur dapat membantu meningkatkan kadar lemak darah, yang dapat mengurangi peradangan.

9. Rempah-rempah

Bumbu atau rempah-rempah adalah cara sehat untuk menambah rasa pada makanan Anda. Rempah-rempah yang kaya antioksidan dapat mengurangi kebutuhan akan garam. Beberapa yang populer termasuk jintan, bawang putih, oregano, peterseli, rosemary, sage dan thyme.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID