logo rilis
Ini Cara Abraham Samad Ajak Mahasiswa Cegah Korupsi
Kontributor
Sukma Alam
22 April 2018, 09:30 WIB
Ini Cara Abraham Samad Ajak Mahasiswa Cegah Korupsi
Mantan Ketua KPK Abraham Samad. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Palembang— Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, mengajak para mahasiswa seluruh Indonesia untuk mencegah korupsi agar tidak terjadi penyelewengan uang negara.

"Generasi penerus harus bebas dari korupsi, oleh karena itu kami mengajak para mahasiswa dengan mendatangi kampus," katanya di Palembang, Minggu (22/4/2018).

Menurut dia, pemuda harus menjadi pilar terdepan dalam mengawal sistem demokrasi yang berjalan. Terlebih lagi bonus demografi Indonesia pada 2030 yang dinilai akan melahirkan sumberdaya manusia potensial sehingga di tangan pemuda lah maju mundur bangsa ini.

Pihaknya rutin berdiskusi tentang pentingnya pencegahan korupsi kepada para mahasiswa di Indonesia termasuk Sumsel. Untuk Sumsel sendiri telah melaksanakan diskusi dengan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dan Unsri Indralaya.

Memang dalam pencegahan korupsi, menurut dia, yang perlu dibenahi permasalahan sistem yang ada. Walaupun orang bersih bila sudah masuk dalam suatu sistem bisa saja mereka tergelincir.

"Karena itu, sistem perlu dibenahi agar dalam menjalankan organisasi sulit untuk terjebak," ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu perlu adanya pendidikan dasar dari keluarga terutama pendidikan moral. Bila generasi penerus sudah memiliki dasar kehidupan yang baik maka korupsi akan dapat dihindari.

"Generasi muda perlu dipersiapkan untuk memimpin bangsa yang akan mendatang," jelas dia.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)