logo rilis
Ini Besaran KUR Pariwisata dari Pemerintah
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 September 2018, 07:30 WIB
Ini Besaran KUR Pariwisata dari Pemerintah
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan, pemerintah terus mendorong agar penyaluran kredit ke sektor usaha pariwisata semakin besar.

Salah satunya, katanya, melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku usaha di bidang pariwisata, termasuk di destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara untuk pengembangan home stay

"Pelaku usaha pariwisata dapat memanfaatkan kredit KUR skala mikro dan kecil besarnya mencapai Rp500 juta per nasabah. Ini tentu sangat membantu usaha mikro dan kecil pariwisata," kata Menko Darmin, melalui siaran persnya kepada rilis.id, Sabtu(29/9/2018). 

Darmin menjelaskan, KUR dengan bunga tujuh persen per tahun ini menjadi salah satu instrumen pembiayaan yang dilakukan oleh pemerintah, untuk membantu pelaku usaha mikro-kecil pariwisata. 

Menurutnya, pemerintah, memberikan subsidi untuk bunga KUR tersebut melalui APBN yang mencapai Rp11 triliun.

"Sedikitnya ada Rp120 triliun KUR yang akan disalurkan untuk usaha mikro dan kecil dan ini bisa dinikmati oleh pelaku usaha pariwisata," jelasnya. 

Menko Darmin menilai, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memang memberikan perhatian utama pada pembangunan infrastruktur dan pariwisata, yang menghasilkan devisa langsung dan bermanfaat untuk menstabilkan defisit pada neraca perdagangan.

"Selain membangun infrastruktur, pariwisata menjadi prioritas pemerintah. Semua ini tidak lain untuk mendorong ekspor," ujarnya. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan, jumlah pelaku usaha mikro dan kecil di sektor pariwisata tahun ini sebanyak 6,7 juta orang dan diproyeksikan membutuhkan kredit KUR pariwisata sebesar Rp25 triliun.

"Para UKM pariwisata yang bergerak di usaha homestay diproyeksikan membutuhkan dana investasi sebesar Rp2 triliun," paparnya. 
 

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID