logo rilis
Ini Balasan Facebook kepada Kemkominfo
Kontributor
Yayat R Cipasang
27 April 2018, 02:05 WIB
Ini Balasan Facebook kepada Kemkominfo
ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, pihaknya telah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April 2018. Investigasi masih berjalan.

"Kami sudah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April 2018 yang isinya Facebook telah memberikan jawaban atas informasi yang kami mintakan klarifikasi. Facebook sudah melakukan pembatasan akses dan pemutusan aplikasi pihak ketiga sejenis CubeYOU dan Aggregate IQ," kata Semuel dalam keterangan tertulis seperti ditulis Antara, Kamis (26/4/2018).

Selain itu, proses audit yang dilakukan Facebook masih berjalan dan akan membutuhkan waktu. Perkembangan proses audit akan diinformasikan kepada pemerintah Indonesia.

"Selain surat tersebut, saya juga mendapat kabar bahwa ada petinggi Facebook yang akan datang ke Indonesia untuk menjelaskan perkembangan lebih lanjut secara langsung kepada Menteri Kominfo," katanya.

Pada prinsipnya, pemerintah dalam upaya mencegah terulangnya kembali penyalahgunaan data pribadi akan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Pemerintah juga mempercepat penyelesaian draf final RUU Perlindungan Data Pribadi untuk selanjutnya diserahkan ke DPR," katanya.

Kemkominfo mengirimkan surat kepada Facebook untuk meminta penjelasan dan dokumen yang berkaitan dengan penyalahgunaan data pengguna Facebook Indonesia.

Surat itu dikirimkan sebagai jawaban surat dari Kepala Perlindungan Data Facebook Irlandia tertanggal 10 April 2018 yang telah diterima Kominfo.

Kemkominfo dalam surat yang dikirimkan pada Kamis (19/4) itu, meminta konfirmasi dan penjelasan mengenai adanya informasi penyalahgunaan data pengguna Facebook yang meluas ke firma analisis lain selain Cambridge Analytica, yakni CubeYou dan AggregateIQ.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)