logo rilis

Ini Asal Muasal Virus Corona Ditemukan....
Kontributor
Tari Oktaviani
27 Januari 2020, 13:02 WIB
Ini Asal Muasal Virus Corona Ditemukan....
Ilustrasi Virus. RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Virus corona yang akhir akhir ini heboh menimbulkan kecemasan tersendiri untuk semua orang. Tidak terkecuali Indonesia. Pasalnya, penyebaran virus ini ternyata sangat cepat. 

Baru baru ini bahkan virus Novel Corona atau yang disingkat nCoV ini sudah sampai ke negara Amerika Serikat. Akibat parahnya virus ini sedikitnya 41 orang dilaporkan meninggal dunia. 

Sebetulnya, bagaimana awal mula virus ini muncul?. Melansir dari berbagai sumber, diyakini bahwa virus ini berasal dari pasar yang menjual hewan-hewan di pasar Wuhan. Hewan yang diperjualbelikan di pasar tersebut pun tergolong ekstrem. Mulai dari anjing, landak, koala, anak serigala, buaya, tikus, ular, reptil, kelelawar hingga salamander raksasa dijual baik yang hidup atau dalam keadaan mati. 

Mengutip Journal of Medical Virology, peneliti menemukan adanya kombinasi dua virus hingga menjadi virus  corona. Diduga salah satu virus berasal dari kelelawar. Lalu setelah ditelisik, ilmuwan menemukan bahwa kemungkinan virus ini berinang di ular.

Lantas bagaimana bisa virus yang ada di hewan bisa sampai ke manusia?. Dalam studi yang sama, virus corona memiliki perubahan protein yang mampu mengenali dan mengikat reseptor pada sel inang sehingga virus 2019-nCoV mampu menular dari hewan ke manusia.

South China Morning Post pada Sabtu (25/1/2020) memberitakan bahwa gejala penyakit virus corona dilaporkan pertama kali pada 1 Desember 2019 di RS Jinyintan Wuhan.

Pasien pertama yang meninggal akibat virus Corona diketahui sering datang ke pasar Ikan Huanana sebelum ia dirawat di rumah sakit. Lalu lima hari setelahnya, istri pasien tersebut juga ikut meninggal pasca terserang penyakit pernapasan akut. Padahal ia tidak memiliki riwayat kunjungan ke pasar Ikan Huanan.

Hal inilah yang kemudian meyakini bahwa virus corona menyebar dari manusia ke manusia. Barulah penyebarannya berlangsung cepat dan menyerang banyak orang.

 

 

Sumber: Berbagai Sumber




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID