logo rilis

Ini Alternatif untuk yang Tak Lulus SBMPTN
Kontributor
Ning Triasih
04 Juli 2018, 13:22 WIB
Ini Alternatif untuk yang Tak Lulus SBMPTN
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Dalam pertempuran, pasti ada menang dan kalah. Termasuk  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hasil SBMPTN 2018 telah diumumkan pada Selasa (3/7) kemarin. Sebanyak 165.831 dinyatakan lulus dan diterima di 85 PTN. Artinya, ada 694.170 siswa dinyatakan gugur dari total jumlah peserta sebanyak 860.001.

Apa Anda salah satu yang masih kurang beruntung di SBMPTN 2018? Jangan sedih apalagi putus asa karena ini bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak jalan menuju Roma.

Bagi yang tak lulus SBMPTN, ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:

Tes Jalur Mandiri

Tak lulus SBMPTN tapi tetap ingin kuliah di PTN? Anda bisa mengikuti tes jalur mandiri yang diadakah pihak universitas. Untuk informasi lengkan soal jalur mandiri ini, Anda bisa langsung mendatangi PTN terkait. Perlu diketahui, jalur Mandiri ini umumnya memakan biaya cukup banyak. Jadi, pastikan Anda mempersiapkannya.

Universitas Swasta

Tak dapat PTN, swasta pun jadi. Ya, Indonesia juga memiliki banyak universitas swasta terbaik dan berkualitas. Bahkan, ada PTS yang tak kalah bagus dengan PTN. Lagipula, negeri atau swasta sebenarnya tak jauh berbeda, tinggal bagaimana pribadi masing-masing menjalaninya. Betul, tidak?

Ikut SBMPTN Tahun Depan

Tak ada salahnya mencoba SBMPTN tahun depan. Jadi, sambil menunggu, waktu bisa Anda manfaatkan untuk belajar dan fokus mempersiapkan tes SBMPTN agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Percayalah bahwa kegagalan adalah sebuah pembelajaran dan awal dari kesuksesan.

Mengambil Kursus Keahlian

Tak lulus SBMPTN membuat Anda malas melanjutkan kuliah? Semoga Anda tak mengalami hal ini. Tapi, jika Anda malas duduk di bangku kuliah, solusinya bisa dengan mengambil kursus keahlian atau mengembangkan hobi. Misalnya Anda hobi menyanyi, mengapa tidak mengambil les vokal untuk lebih mengasah bakat Anda di bidang tarik suara. Asalkan Anda serius menggelutinya, pasti hobi itu akan menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Tetap semangat dan terus berusaha ya!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)