logo rilis

Ini Alasan Ridwan Kamil Dukung Pemekaran Bandung Timur
Kontributor
Sukma Alam
30 Maret 2018, 10:22 WIB
Ini Alasan Ridwan Kamil Dukung Pemekaran Bandung Timur
Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Bandung— Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung pemekaran wilayah Bandung Timur. Hal itu akan menjadi solusi percepatan pelayanan publik di wilayah tersebut.

"Kami dukung dengan upaya politik jika saya jadi gubernur nanti," ujar Ridwan di Bandung, Kamis, (29/3) kemarin.

Saat ini, wilayah Bandung Timur masuk ke daerah administrasi Kabupaten Bandung. Jarak desa-desa di Bandung Timur ke pusat pemerintahan di Soreang membutuhkan waktu 3-8 jam

Adapun wilayah yang masuk Bandung Timur, yakni Kertasari, Pacet, Ciparay, Majalaya, Ibun, Paseh, Cikancung, Nagreg, Cicalengka, Cileunyi, Cilengkrang, dan Cimenyan.

Apabila nanti terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan berniat melakukan pemekaran wilayah itu. "Masyarakat dirugikan waktu dan ongkos karena akses menuju kantor pelayanan yang jauh," ujarnya.

Menurut dia, pemekaran Kabupaten Bandung Timur sudah berlangsung lama. Bahkan, lebih dulu sebelum ada pemekaran Bandung Barat.

Jika terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan mengatakan, pemekaran wilayah di Jawa Barat akan menjadi fokusnya. Ia mengatakan Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk 40 juta jiwa, namun memiliki 38 wilayah administrasi. 

Sementara itu, dia membandingkan, Jawa Barat dengan jumlah penduduk 46 juta jiwa hanya memiliki 27 wilayah administrasi otonom.

"Sehingga di sana (Jatim) lebih sejahtera karena uang dari pusat berbanding lurus dengan jumlah daerah," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)