logo rilis
Ini Alasan Mengapa Racun Kalajengking Berharga Fantastis
Kontributor
Ning Triasih
04 Mei 2018, 12:19 WIB
Ini Alasan Mengapa Racun Kalajengking Berharga Fantastis
FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut racun kalajengking lebih mahal dari emas tengah menyita perhatian publik. Tak tanggung-tanggung, harganya mencapai Rp145 miliar per liter.

Sontak, ucapan Jokowi ini langsung jadi guyonan berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum sampai para politisi. Racun kalajengking kemudian viral di media sosial.

Namun, apa yang diucapkan Jokowi dalam pidatonya di acara Musrenbangnas beberapa waktu lalu bukanlah lelucon semata. Racun kalajengking yang disebut Jokowi berharga mahal memang benar adanya.

Menurut Peneliti Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita, racun kalajengking memang merupakan salah satu komoditas paling dicari dan berharga mahal.

Syahfitri pun mengungkap, ada dua alasan utama mengapa racun kalajengking berharga selangit. Pertama, racun kalajengking mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati sejumlah penyakit serius seperti kanker. 

Memang, secara ilmiah, kandungan racun yang dihasilkan kalajengking memiliki potensi luar biasa untuk menghasilkan obat dalam dunia kedokteran

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, racun kalajengking tak hanya memerangi sel kanker, tapi juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, mengobati penyakit tulang dan mencegah malaria.

Alasan kedua, racun kalajengking sangat sulit didapatkan. Kalajengking sendiri tergolong hewan yang sulit dicari.

 


500
komentar (0)