logo rilis

Ini Alasan Investor Asing Bawa Pekerja dari Negaranya
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
23 April 2018, 20:15 WIB
Ini Alasan Investor Asing Bawa Pekerja dari Negaranya
Ilustrasi pekerja lokal. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, menganggap wajar bila ada investor luar negeri yang bawa sebagian pekerja dari negaranya ke Indonesia. 

Salah satu alasannya, kata dia, karena investor tersebut lebih percaya pada pekerja dari negaranya untuk jabatan-jabatan yang strategis. 

"Seorang investor yang akan mempertaruhkan ratusan miliar, pasti akan membawa beberapa orang dari negaranya. Saya yang juga sebagai investor ngeri kalau ada apa-apa," kata Thomas di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Thomas mengatakan, para pekerja yang dibawa oleh investor dari negaranya itu bukan untuk pekerjaan-pekerjaan kasar. Melainkan, pekerjaan yang strategis dan sangat berpengaruh pada untung ruginya perusahaan tersebut. 

"Seperti manajer-manajer keuangan, teknisi handal, pasti bawa dari negaranya, atau dari negara lain yang memang terbaik di bidangnya," ujarnya. 

Meski begitu, ungkap Thomas, keberadaan pekerja yang dibawa oleh investor itu sangat sedikit bila dibandingkan dengan tenaga kerja lokal yang digunakan oleh perusahaan tersebut. 

Pasalnya, investor juga pasti lebih memilih mempekerjakan banyak tenaga lokal ketimbang bawa dari negaranya.

"Secara rasional, investor kalau mau untung ya pasti menggunakan tenaga kerja lokal lebih banyak. Kecuali, untuk manajer-manajer keuangan atau teknisi handal," tandasnya. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)