logo rilis
Ini Alasan Indonesia Memperingati Hari Bawa Bekal Nasional
Kontributor
Ning Triasih
12 April 2018, 18:57 WIB
Ini Alasan Indonesia Memperingati Hari Bawa Bekal Nasional
FOTO: Abi Ummi

RILIS.ID, Jakarta— Tahukah Anda jika hari ini, Kamis (12/4/2018) diperingati sebagai Hari Bawa Bekal Nasional?

Ya, setiap 12 April, Indonesia memperingati Hari Bawa Bekal Nasional, sejak ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional RI, BPOM dan salah satu produk rumah tangga ternama pada 2013. Tujuannya yakni guna menimbulkan kesadaran akan pentingnya kesehatan anak Indonesia.

Jika merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, Hari Bawa Bekal Nasional ini memang dikhususkan untuk mencapai kesehatan yang merata bagi anak-anak di seluruh Indonesia.

Hubungan Hari Bawa Bekal Nasional dengan kesehatan yakni selaras dengan peringatan Hari Kesehatan Internasional pada 7 April 1950. Kala itu, WHO menggagas tema “From Farm to Plate Make Food Safe” (Dari Pertanian ke Piring Membuat Makanan Aman). 

Hari Kesehatan Dunia sendiri dilangsungkan guna memperingati pendirian WHO. Hal ini juga dipandang sebagai kesempatan menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya.

Sejak dulu, Indonesia memang telah menerapkan budaya memberikan bekal pada anak, dan sampai sekarang masih cukup sering dilakukan baik di daerah maupun perkotaan.

Di daerah, seperti petani dan nelayan, umumnya mereka membawa bekal makanan  dan minuman saat beraktivitas. Bagaimana dengan di kota?

Sayang, kebiasaan membawa bekal kini mulai berkurang lantaran alasan kesibukan dan pengaruh makanan cepat saji. 

Selamat Hari Bawa Bekal Nasional!


500
komentar (0)