logo rilis
Ini Alasan Film Dilan Tak Boleh Diputar IGI di Hardiknas
Kontributor
Ning Triasih
02 Mei 2018, 12:48 WIB
Ini Alasan Film Dilan Tak Boleh Diputar IGI di Hardiknas
FOTO: Instagram/@film.dilan.official

RILIS.ID, Jakarta— Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh hari ini, Rabu (2/5/2018), Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tadinya berencana menggelar nonton bareng (nobar) film Dilan 1990. Sayangnya, hal itu ditentang oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Permohonan agar Dilan tak diputar dalam acara nobar di peringatan Hardiknas 2018 ini disampaikan Ketua Umum IGI Muhammad Ramli Rahim melalui pesan WhatsApp kepada pejabat Kemendikbud.

"Dengan segala hormat pak menteri, kami mendapat e-pamplet ini dan kami mohon dengan sangat agar film Dilan tidak disajikan oleh Kemendikbud apalagi diputar dalam rangka Hardiknas," tulis Muhammad Ramli mewakili IGI.

Menurutnya, ada alasan kuat mengapa film Dilan tak layak diputar dalam peringatan Hardiknas, yakni lantaran kurang mendidik.

"Ada hal yang sangat tidak mendidik di dalamnya, adegan saat dilan berkelahi dengan guru, membentak dan memukulnya bahkan memburunya hingga terbirit-birit," lanjutnya.

Untuk diketahui, dari e-pamplet nonton bareng tersebut, terlihat ada dua film yanga akan diputar memperingati Hardiknas 2018, yanni Dilan 1990 dan Yowis Ben. Acara nobar sendiri diharapkan dapat membuat masyarakat lebih mengapresiasi film nasional.

Namun, lantaran Dilan tuai banyak kritikan, film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq itu batal diputar dalam acara nobar hari ini. Rencananya, nonton bareng dilangsungkan pukul 11.00-14.30 WIB di Kantor Kemendikbud Senayan, Jakarta.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)