Home » Ragam

Ini Alasan Diperingati Hari Diabetes Sedunia

print this page Senin, 13/11/2017 | 23:59

ILUSTRASI: Superhealthykids.

RILIS.ID, Jakarta— Diabetes jangan disepelekan. Pasalnya, penyakit yang disebut kencing manis ini bisa mengancam jiwa pengidapnya, bahkan digadang-gadang jadi penyakit kronis terbesar di seluruh dunia.

Saking pentingnya penyakit diabetes, setiap 14 November, diperingati Hari Diabetes Sedunia. Peringatan ini pertama kali diperkenalkan oleh organisasi kesehatan dunia, International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organization (WHO) sejak 1991. Kemudian pada 2007, hari diabetes ini resmi dinyatakan sebagai hari sedunia dalam agenda PBB.

Hari Diabetes Sedunia adalah kampanye kesadaran global terhadap penyakit diabetes. Agendanya selalu berfokus pada tema yang berkaitan dengan diabetes.

Penyebab diabetes diakibatkan oleh dua faktor utama. Pertama yaitu ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengatur kadar gula darah. Kedua, ketika tubuh tidak memanfaatkan insulin dengan cara yang tepat.

Gejala umum diabetes yang umum terjadi di antaranya mulut kering, banyak makan dan minum, sering buang air kecil, infeksi urin, penurunan berat badan mendadak, kelelahan, penglihatan kabur, sakit kepala, gatal-gatal dan mati rasa pada tungkai.

Alasan 14 November Jadi Peringatan Hari Diabetes Sedunia

Tanggal 14 November sendiri dipilih karena hari tersebut menjadi momen penting bagi Frederick Banting. Di tanggal itulah ia berhasil menemukan insulin, sejenis hormon yang sangat berharga bagi penderita diabetes.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sekelompok sel di dalam pankreas yang disebut dengan Langerhans. Insulin berhasil ditemukan Frederick bersama rekannya bernama Charles Best pada 1922.

Insulin mampu mengatur tingkat gula (glukosa) dalam darah. Insulin berfungsi mengindivikasikan sel untuk membuka sehingga mereka bisa menyerap glukosa dari darah dan dapat menggunakannya sebagai bahan bakar untuk energi.

Penulis Ning Triasih

Tags:

diabeteshari diabeteshari diabetes seduniatips sehat

loading...