logo rilis

Ini 4 Upaya Menlu Capai Potensi Ekonomi Digital
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
21 Maret 2018, 01:05 WIB
Ini 4 Upaya Menlu Capai Potensi Ekonomi Digital
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Batam— Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyebut empat upaya yang dilakukan Indonesia untuk mencapai potensi ekonomi digital.

"Poin pertama adalah memperluas akses ke masyarakat," ujar Menlu dalam acara peresmian Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/3/2018).

Mengingat marketplace sangat penting untuk pengembangan bisnis e-commerce, pemerintah Indonesia telah melaksanakan Rencana Broadband Nasional untuk memperluas penetrasi internet yang kini baru menyentuh 100 juta orang. 

Program senilai 20 miliar dolar AS ini telah dicanangkan sejak 2014.

Kedua, yakni menyediakan akses ke modal karena pemerintah ingin ekonomi digital tumbuh 10 kali lipat menjadi 130 miliar dolar AS dan mendukung penciptaan 1.000 technopreneur baru pada 2020.

"Tahun lalu, pengeluaran negara untuk bisnis inkubator digital meningkat dua kali lipat dari Rp190 miliar menjadi Rp370 miliar. Karena itu, peran swasta sangat penting," tutur Menlu.

Ketiga, memperkuat kerja sama internasional dengan mengundang lebih banyak investor asing menyuntikkan modal untuk bisnis berbasis digital di Indonesia.

Keempat, memperluas kesempatan bagi mereka yang memiliki talenta di sektor industri kreatif melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas.

"Sebagai bagian kebijakan peta jalan e-commerce, pemerintah Indonesia terus bekerja menciptakan lingkungan ekonomi yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi digital," ujar Menlu.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)