logo rilis
Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas, Ini Caranya
Kontributor
Ning Triasih
13 Agustus 2018, 22:34 WIB
Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas, Ini Caranya
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Bisa tidur nyenyak dan berkualitas setiap malam tentu jadi impian setiap orang. Pasalnya, tidur sangat diperlukan manusia untuk mengembalikan energi yang tersita seteleh seharian bekerja.

Masalahnya, tak semua orang bisa tidur nyenyak, bahkan ada yang menderita gangguan tidur atau insomnia. Jika tidur terganggu, maka akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Lalu bagaimana caranya supaya bisa tidur nyenyak?

Michael Breus, salah satu dokter tidur terkemuka dari Amerika Serikat membagikan lima tips agar bisa tidur nyenyak. Inilah lima tips tidur nyenyak dirangkum dari rilis "Tips Tidur Nyenyak" Princess Cruises melansir ANTARA:

1. Kenali dan tetapkan satu jadwal tidur

Mengenali dan menetapkan satu jadwal tidur merupakan langkah awal agar bisa tidur nyenyak secara teratur setiap hari. Ini perlu dilakukan agar waktu tidur memiliki ritme yang teratur, sehingga jam biologis serta fungsi tubuh akan tersesuaikan dan berjalan lancar.

2. Sinar mentari pagi

Jika Anda paling takut dengan sinar matahari, katakan tidak untuk matahari pagi. Sebaliknya, nikmati dan resapi sinar matarari pagi selama 15 menit. Ini penting dan berguna dalam membantu mengatur produksi hormon melatonin atau tidur, melancarkan jam tubuh internal selama 24 jam, serta membantu tubuh terkena pola terang dan gelap secara teratur.

3. Setop kafein sedari siang

Jika ingin tidur Anda berkualitas di malam harinya, sejak pukul dua siang, jangan lagi mengonsumsi kafein seperti kopi. Pasalnya, minuman berkafein dan minuman energi memiliki efek stimulan selama delapan jam. Artinya, ini akan mencegah Anda untuk memperoleh tidur nyenyak dan berkualitas.

4. Teratur olahraga

Berolahragalah secara teratur setiap harinya. Tak perlu yang berat-berat, cukup lakukan aktivitas ringan seperti lari, jalan kaki atau bersepeda. Ini mampu membantu Anda bisa tidur nyenyak.

5. Jangan olahraga empat jam sebelum tidur

Olahraga memang dianjurkan untuk membantu tidur dengan nyenyak, tapi jangan pula melakukannya empat jam menjelang waktu tidur. Selain membuat susah tidur, kebiasaan ini juga menunjukkan ketidakdisiplinan dalam berolahraga. Ada baiknya berolahraga paling lambat pada siang hari. Namun paling baik di pagi hari.
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)