logo rilis

Ingin Terhindar Dari Obesitas, Patuhi Aturan Sehat Ini
Kontributor
Ning Triasih
28 November 2018, 10:15 WIB
Ingin Terhindar Dari Obesitas, Patuhi Aturan Sehat Ini
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kegemukan atau obesitas tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, seseorang yang punya masalah kelebihan berat badan ini gampang berisiko terkena stroke, penyakit jantung, hingga kanker. Ngeri, bukan?

Nah, sebelum terlambat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Anda terhindar dari obesitas. Apa saja?

Seperti yang dibagikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Twitter @KemenkesRI, berikut beberapa tips sehat mencegah obesitas:

Jaga pola makan

Faktor obesitas adalah pola makan yang berantakan. Karenanya, mulai sekarang jagalah pola makan Anda, yakni dengan mengikuti model piring T, yakni porsi sayur dua kali lipat lebih banyak dari karbohidrat dan protein. Sedangkan takaran untuk karbohidrat dan protein sebaiknya seimbang.

Jangan mager

Jangan malas gerak atau mager jika bobot badan tak mau menanjak tajam. Sebaliknya, rutin lakukan aktivitas fisik, karena dapat meningkatkan massa otot dan pengeluaran energi, sehingga tidak berlebihan di dalam tubuh.

Jangan turuti emosi makan

Pernahkah saat galau Anda jadi banyak makan? Hati-hati! Itu disebut dengan pola emosi makan. Makan berlebihan dalam kondisi ini hanya disebabkan oleh emosi semata, bukan karena lapar. Jika dituruti, tentu akan berdampak pada penambahan berat badan yang signifikan. Jadi, bedakan antara lapar dan emosi makan sesaat.

Cukup tidur

Penuhi kebutuhan tidur Anda 6-8 jam setiap hari. Jika kurang dari itu, efeknya bisa membuat rasa lapar Anda menggebu karena meningkatnya hormon ghrelin (pengontrol rasa lapar) dan menurunnya hormon leptin (pengontrol rasa kenyang). Anda tentu tahu dong apa akibatnya?


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)