logo rilis

Ingin Berwisata Sambil Belajar? Kunjungi Lima Destinasi di Jogja Ini
Kontributor
Ning Triasih
18 Mei 2018, 11:50 WIB
Ingin Berwisata Sambil Belajar? Kunjungi Lima Destinasi di Jogja Ini
Istana Ratu Boko. FOTO: Instagram/@wani.foto.ora

RILIS.ID, Jakarta— Yogyakarta adalah kota yang kental akan budaya. Masyarakat di sana senantiasa menjaga kearifan lokal dan melestarikan tradisi nenek moyang. Bahkan, semua itu diabadikan dalam bentuk objek wisata.

Berbicara soal destinasi wisata di Yogyakarta, ada lima objek wisata yang sangat kental dengan sejarah dan budaya, sehingga Anda bisa sambil belajar ketika mengunjungi lokasi tersebut. Apa saja?

1. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Berawal dengan mengajarkan kesederhanaan, Kampung Edukasi Watu Lumbung menyuguhkan bangunan berbahan kayu dan bambu. Dari mulai perkakas dapur hingga perabot rumah tangga; tak satu pun terlihat mewah. Bahkan, sebuah kurungan ayam bisa menjadi meja antik.

Kampung Edukasi Watu Lumbung bisa dikatakan menyelipkan nilai edukasi lewat kebiasaan sehari-hari. Tiba di sana, Anda pasti menemukan perpustakaan dengan beberapa buah buku. Di tempat tersebut setiap pengunjung disarankan membaca minimal 25 menit. 

Ada juga area dapur tradisional yang boleh digunakan oleh pengunjung. Nilai edukasi yang dapat dipetik adalah kepedulian. Pasalnya, mereka diberikan kebebasan untuk mencuci ataupun membersihkan peralatan setelah bersantap. Jika hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, Anda akan memperoleh suvenir cantik secara gratis.

2. Istana Ratu Boko

Berada di Istana Ratu Boko serasa pergi ke masa lalu. Pasalnya, nuansa kerajaan di tempat itu masih kental. Gerbang dan tangga masuk ke istana masih utuh, meskipun bagian interior sudah runtuh. Selain itu, terlihat pula sisa-sisa Keputren, Pendapa, serta kolam yang terbuat dari bebatuan.

Meski istana itu disebutkan milik Ratu Boko, sampai sekarang belum terkuak identitas asli sosok tersebut. Namun, sejarah menyebutkan, Istana Ratu Boko dibangun sekitar tahun 700-an Masehi. Mengenai pendirinya, hingga kini masih menjadi misteri.

Terlepas dari semua itu, Istana Ratu Boko menyisipkan pesan edukasi bagi generasi masa kini. Bahwa, Negara Indonesia memiliki kekayaan budaya yang harus dilestarikan keberadaannya.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan dan legenda Roro Jongrang merupakan dua hal tak terpisahkan. Munculnya bangunan kuno tersebut kerap dikaitkan dengan kegagalan pernikahan Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang. Namun, fakta yang ditemukan justru berbeda. Candi Prambanan merupakan bukti kebesaran kerajaan Hindu di abad ke-9 Masehi.

Bentuk Candi Prambanan sangat unik dengan arsitektur khas Hindu. Tingginya sekitar 47 meter dan terlihat ramping. Kurang lebih ada 240 candi di kawasan Prambanan ini. Masing-masing memiliki karakteristik sesuai namanya. Semisal, di Candi Trimurti terdapat patung tiga dewa, yaitu Siwa, Brahma, dan Brahma.

4. Museum Tani Jawa

Riwayat Indonesia sebagai negara agraris diabadikan dalam Museum Tani Jawa di Yogyakarta. Bangunannya memiliki desain tradisional dengan atap joglo dan dindin batu bata. Di sini, Anda bisa melihat berbagai koleksi alat pertanian di masa lampau. Pun terdapat patung pak tani berbaju tradisional.

Selain memamerkan koleksi alat bertani, pun ada beragam permainan tradisional untuk anaka-anak. Dari mulai egrang, bentik, gobak sodor, jejamuran, hingga naik sepeda ke Imogiri. Setiap tiga bulan sekali juga diadakan berbagai acara di tempat ini. Semisal, Festival Memedi Sawah, Gelar Hasil Panen, dan pentas seni.  

5. Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta

Monumen Serangan Umum 1 Maret didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Di monumen ini terdapat 5 patung orang yang menggambarkan kehendak rakyat Indonesia. Jika ingin masuk ke area monumen, sebaiknya berkunjung ketika ada acara publik. Sementara di hari biasa, pengunjung hanya bisa melihat dari luar pagar.

Nah, itulah lima tempat wisata yang mengandung nilai edukasi dan sejarah di Yogyakarta. Anda ingin lebih lama berada di kota ini? Segera cari hotel murah di Jogja dengan memakai aplikasi Airy Rooms. Ada ratusan kamar hotel bujet yang dilengkapi 7 fasilitas terbaik, semisal AC, WiFi gratis, tempat tidur bersih, serta TV LED.

Cara bayarnya gampang, kok, tinggal transfer atau transaksi lewat kartu kredit. Jadi, kapan lagi Anda ke Yogyakarta? Buruan unduh dan pasang aplikasi Airy Rooms lewat Android Apps atau iOS Apps.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)