logo rilis
Ingat Mata-mata Rusia yang Diracun, Begini Kabarnya Sekarang
Kontributor
Sukardjito
07 April 2018, 08:00 WIB
Ingat Mata-mata Rusia yang Diracun, Begini Kabarnya Sekarang
Ilustrasi: IST

RILIS.ID, London— Pihak Rumah Sakit tempat perawatan bekas mata-mata Rusia Sergei Skripal mengatakan, pria berusia 66 tahun itu sudah tidak lagi dalam keadaan bahaya dan kesehatannya membaik dengan cepat setelah lebih dari satu bulan dirawat sejak ia diracun dengan zat saraf.

Diketahui, Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri di bangku di kota Salisbury, Inggris, pada 4 Maret 2018.

Inggris menyatakan ayah dan anak itu diracun menggunakan zat saraf kategori militer, yang pertama kali dikembangkan Uni Soviet.

Rusia membantah memiliki keterlibatan apa pun dengan penggunaan racun pertama semacam itu di wilayah Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

"Tubuhnya bereaksi dengan baik terhadap perawatan. Kesehatannya meningkat banyak dan sudah tidak kritis lagi," kata Christine Blanshard, Direktur Medis Rumah Sakit Distrik Salisbury, dalam pernyataannya, Jumat (6/4/2018).

Blanshard mengatakan ia memberikan keterangan terbaru sebagai tanggapan atas pemberitaan media pada Kamis (5/4), yakni televisi negara Rusia melaporkan bahwa Yulia telah menelepon sepupunya dan mengatakan bahwa ia dan ayahnya sedang berada dalam pemulihan dan ia berharap bisa segera keluar dari rumah sakit.

Inggris mengatakan Rusia bersalah dalam serangan itu. Sementara Moskow membantah memiliki keterlibatan apa pun.

Kejadian itu membuat hubungan diplomatik berantakan. Rusia dan negara Barat saling mengusir diplomat.

Sumber: ANTARA


komentar (0)