logo rilis
Sukses 'Kuras' Anggaran Rp300 Triliun, Ini Target Jokowi Selanjutnya
Kontributor
Intan Nirmala Sari
09 April 2018, 17:57 WIB
Sukses 'Kuras' Anggaran Rp300 Triliun, Ini Target Jokowi Selanjutnya
Presiden Joko Widodo. FOTO: Sekretariat Kabinet RI

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, setelah 3,5 tahun pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur dan telah menghabiskan anggaran negara Rp300 triliun lebih, pembangunan pun tampak masif di bidang infrastruktur, seperti jalan, pelabuhan, jalan tol, jalur kereta api, airport, dan lain-lainnya.

Setelah tahapan besar yang pertama yaitu infrastruktur, Jokowi mengemukakan, pemerintah akan masuk tahapan besar yang kedua, yaitu investasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Programnya disiapkan untuk tahun ini, dan tahun depan betul-betul masuk ke dalam kegiatan besar.

“Sehingga, titik alokasi anggaran APBN 2019 juga betul-betul mengarah ke sana, betul-betul nampak untuk mendukung, menopang peningkatan sumber daya manusia,” ujar Presiden.

Ia juga menekankan, apabila anggaran ditambah, ia tidak ingin hasilnya tidak kelihatan masif, tidak kelihatan ada perubahan dan pergeserannya.

Untuk itu, ia menekankan, setiap kementerian harus betul-betul menyusun programnya. Selain itu, Jokowi meminta agar alokasi anggaran APBN betul-betul fokus dan diprioritaskan untuk hal-hal yang strategis. Ini lantaran, kontribusi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terhadap PDB (Product Domestic Bruto) hanya 15 persen.

“Kalau enggak strategis, enggak usah,” tegas Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna tentang Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2018, serta Prioritas Nasional Tahun 2019 di Istana Negara Jakarta, Senin (9/4/2018) sore.


500
komentar (1)

Silvia Olivia Senin, 09 April 2018 | 18:04
Jago main poker? Buktikan disini bersama MEJAKUQQ Agen poker terpercaya dan rate kemenangan tinggi Anda menang kami senang !! Pin BBM : DE0DFAC0 #AgenBandarQOnline #BandarQOnline #AgenBandarQ #MEJAKUQQ #MEJAQQ