logo rilis
Indonesia Tampil dalam Carnaval Tropical de Paris 
Kontributor

03 Juli 2018, 19:40 WIB
Indonesia Tampil dalam Carnaval Tropical de Paris 
Carnaval Tropical de Paris sepanjang jalan Champs-Élysées. FOTO: Kemenlu

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia tampil dalam Carnaval Tropical de Paris, Minggu (1/7/2018). Lebih dari 70 ribu orang memadati sepanjang jalan Champs-Élysées di jantung Kota Paris. Ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Walikota Paris, Federation du Carnaval Tropical de Paris, dan Pemerintah Daerah Ile-de-France setiap memasuki musim panas. 

Seperti dikutip dari laman Kemenlu, Selasa (3/7/2018), Indonesia yang terdiri atas kumpulan asosiasi Indonesia di Prancis yang dibina KBRI Paris ikut erpartisipasi. Mereka itu masing-masing Diaspora Indonesia-Prancis IDNF, Sekar Jagat, Pasar Malam, Joged Nusantara, Pencak Silat KBRI Paris, Bonapasogit, serta PPI Paris. 

Tim Indonesia mengangkat tema “Batik", dengan tetap mengedepakan keragaman budaya Nusantara. Di bawah cuaca panas sekitar 36 derajat Celsius, karnaval berlangsung sangat meriah, menempuh jarak 3 km, melewati sepanjang jalan Champs-Élysées dan monumen Arc du Triomphe. 

Peserta karnaval mencapai 3.000 orang terdiri atas 36 grup pemusik dan penari, yang mewakili berbagai negara tropis, seperti Brasil, Bolivia, Kosta Rika, Haiti, Panama, serta wilayah Prancis seberang-laut (outre-mer), seperti Guadalupe, Guyane, dan Martinique. Adapun tim Indonesia yang berjumlah 100 orang adalah satu-satunya peserta Asia.

Sepanjang jalur yang dilalui peserta karnaval diliput berbagai stasiun televisi khususnya France Television (France O) dan televisi Outremer Premiere. Tim Indonesia pun menampilkan musik utama gamelan dari Udinus, bersama beberapa tarian Nusantara secara bergantian dari para asosiasi Indonesia. 

Masyarakat Prancis dan turis yang menyaksikan karnaval ini memberikan sambutan meriah kepada barisan Indonesia yang tampil. Sebelumnya pada tahun 2017, tim karnaval Indonesia mengusung tema “Pencak Silat". 

?Jalan Champs-Élysées dikenal sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan di Prancis, yang juga dipenuhi dengan banyak kafe, teater, dan beberapa butik ternama Prancis, seperti Louis Vuitton, Hermes, Celine, dan Dior. Champs-Élysées juga adalah lokasi parade militer nasional Prancis “Bastille Day" setiap tanggal 4 Juli, serta garis finish balap sepeda Tour de France. ??




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID