logo rilis

Indonesia Siap Latih Petani Bunga Timor Leste
Kontributor
Elvi R
20 November 2019, 15:25 WIB
Indonesia Siap Latih Petani Bunga Timor Leste
Kepala Bagian Regional, Biro Kerjasama Luar Negeri Kementan Ir. Yusral, MAgr menyampaikan, pelaksanaan identifikasi dan survey lokasi di Maubisse telah dilaksanakan pada akhir Oktober lalu. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pertanian melalui forum Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) dengan fasilitasi JICA dan Timor Leste akan siapkan pelaksanaan pelatihan bagi petani bunga Di Timor Leste.

Petani Timor Leste di Distrik Maubisse, Dilli membutuhkan pengetahuan budidaya mawar sebagai bunga yang banyak dibutuhkan untuk upacara keagamaan di Timor Leste maupun untuk acara seremonial lainnya.

Kepala Bagian Regional, Biro Kerjasama Luar Negeri Kementan Ir. Yusral, MAgr menyampaikan, pelaksanaan identifikasi dan survey lokasi di Maubisse telah dilaksanakan pada akhir Oktober lalu. Adapun tahapan selanjutnya adalah penyiapan bahan training bersama Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) dan Balai Penyuluhan Pertanian Lembang (BPP Kayu Ambon).

Tanaman yang akan menjadi materi pelatihan berupa bunga mawar public domain bernama varietas Clarissa Putri dan Sexired. Keduanya merupakan varietas mawar yang memiliki sertifikat pelepasan PVT, ungkap Prof. Budi Marwoto.

"Kerja sama ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk mewujudkan Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular yang merupakan upaya Indonesia untuk berbagi ilmu budidaya tanaman mawar," ungkap Yusral beberapa waktu yang lalu.

Pelaksanaan pelatihan di Timor Leste juga disiapkan dengan memberikan pelatihan tanah seperti untuk pengomposan dan penyiapan media tanam oleh Badan PSDMP.

Sumber: Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID