logo rilis
Indonesia Segera Miliki Kapal Selam Ketiga
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
30 April 2018, 12:05 WIB
Indonesia Segera Miliki Kapal Selam Ketiga
Ilustrasi Kapal Selam.

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pertahanan memastikan Indonesia segera memiliki kapal selam ketiga hasil kerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Korea Selatan. Kapal selam itu kini tengah dikerjakan di PT. PAL.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan, Brigadir Jenderal Totok Sugiharto, mengatakan pengerjaan kapal selam itu akan selesai pada 2019 mendatang. 

"Sekarang sedang dibuat dan dirakit, kalau tak salah, tahun depan maksimum sudah jadi, 2019 kapal selam sudah jadi," kata Totok di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Kapal selam itu, ujar Totok, akan dipersenjatai lengkap. Sehingga, keberadaan kapal selam yang dimiliki Indonesia itu memberikan efek gentar bagi negara lain, terutama di kawasan regional. 

"Kapal selam ini yang dibeli dari uang rakyat, sebagai pertanggungjawaban pemerintah terhadap NKRI," ujarnya. 

Totok menambahkan, untuk kapal selam kedua yakni KRI Ardadedali 404 saat ini sudah dalam perjalanan menuju Indonesia dari Korsel. Kapal selam itu berlayar sejak Rabu (25/4/2018) dan akan menempuh perjalanan selama 20 hari. 

"Pada tanggal 28 April kemarin, kapal kedua yang diproduksi Korsel telah berlayar. 20 hari akan tiba di Surabaya," paparnya. 

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)