logo rilis

Indonesia Promosikan Islam Moderat di KTT Ulama Dunia
Kontributor
Syahrain F.
10 April 2018, 20:09 WIB
Indonesia Promosikan Islam Moderat di KTT Ulama Dunia
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Bandung— Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia yang akan digelar 1-3 Mei 2018 di Bogor, Jawa Barat.

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri 50 delegasi Muslim dunia dengan mengusung tema Islam Wasatiyah.

Istilah ini mengacu kepada pemahaman Islam yang tidak ekstrem dan juga liberal.

“Mereka akan duduk bersama merumuskan konsep peradaban dunia dan implementasinya, terutama belajar dari kehidupan keagamaan di Indonesia,” terang Menteri Lukman dalam Dies Natalis UIN Sunan Gunung Djati di Bandung, Selasa (10/4/2018).

Menurut Menteri Lukman, pertemuan ini menjadi kesempatan Indonesia untuk mempromosikan corak keagamaan yang moderat, toleran, dan mampu berdialog dengan beragam etnis, budaya, agama, dan bahasa.

“Kita tetap bisa menjadi Muslim yang baik, tanpa harus menanggalkan identitas dan jatidiri kebudayaan kita sebagai bangsa Indonesia,” ujar Menteri Lukman

Sejumlah ulama Muslim dunia akan hadir dalam KTT ini di antaranya Syaikh Al Azhar Syeikh Ahmad Thayyib bin Thayyib dan Syeikh Abdullah bin Dayyah yang memimpin sebuah organisasi Forum Perdamaian di Masyarakat Muslim yang berkedudukan di Abu Dhabi.

Presiden Joko Widodo direncanakan akan membuka acara tersebut untuk kemudian ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)