logo rilis
Indonesia Makin Gencar Undang Pengusaha Prancis Bisnis ke Tanah Air
Kontributor
Syahrain F.
23 Maret 2018, 16:53 WIB
Indonesia Makin Gencar Undang Pengusaha Prancis Bisnis ke Tanah Air
Kedubes RI di Paris. FOTO: Google

RILIS.ID, Paris— Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris menyelenggarakan forum bisnis dengan para pengusaha terkemuka Prancis untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Dalam kesempatan itu, KBRI mempresentasikan mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia kepada para pengusaha Perancis di Le Havre, seperti disampaikan dalam keterangan pers KBRI Paris yang diterima di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Tercatat 34 pengusaha Perancis yang bergerak di bidang infrastruktur, energi, produk makanan, produk logam, jasa logistik impor-ekspor, manajemen pengolahan limbah, ritel, essential oils, dan packaging hadir dalam forum itu.

Duta Besar RI untuk Perancis Hotmangaradja Pandjaitan menyampaikan, pemerintah Indonesia berupaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan negara-negara mitra ekonomi.

"Indonesia memiliki potensi produksi dan ekspor yang besar, mampu untuk meningkatkan arus perdagangan dan investasi kedua negara," ujar Dubes Pandjaitan.

Dalam forum bisnis itu juga diadakan sesi testimoni dari pengusaha Perancis yang berbisnis di Indonesia. Wakil dari pabrik ban terkemuka Michelin dan Tereos hadir dan menyampaikan pengalaman mereka selama berbisnis di Indonesia, khususnya terkait efisiensi prosedur. Keduanya memberikan tanggapan yang positif tetang iklim usaha Indonesia.

Di sela-sela kegiatan di Le Havre, Dubes RI dan beberapa pejabat KBRI Paris juga melakukan kunjungan ke kawasan pelabuhan "Port Le Havre" untuk melihat prosedur dan alur logistik produk ekspor yang masuk ke Perancis melalui Le Havre.

Le Havre adalah wilayah yang terletak di sebelah barat daya pesisir Perancis dan berpenduduk lebih dari 172 ribu jiwa. Kota tersebut merupakan kota pelabuhan terbesar ke-2 di Prancis setelah Marseilles. Salah satu institut pendidikan tinggi di kota itu adalah Universitas Le Havre, yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)