logo rilis
Indonesia Harusnya Punya Hotel di Arab Saudi
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
28 Maret 2018, 15:00 WIB
Indonesia Harusnya Punya Hotel di Arab Saudi
Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad Mustaqim. FOTO: Dok DPR.

RILIS.ID, Jakarta— Usulan dan wacana agar Indonesia mempunyai hotel sendiri di Arab Saudi kembali disuarakan. Keberadaan hotel ini didedikasikan untuk para jemaah haji dan umroh asal Indonesia yang kuotanya paling banyak di dunia.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad Mustaqim menilai, hotel ini kelak juga akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dengan populasi muslim terbesar di dunia.

"Indonesia sudah harus memiliki national building yang menjadi kebanggaan nasional. Aset hotel ini juga kelak akan memberikan keuntungan dan manfaat yang besar bagi calon jamaah haji dan umroh Indonesia," ujar dia, Rabu (28/3/2018).

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia dan juga mempunyai kuota haji terbesar saat ini, kata dia, harus mempunyai kebanggaan nasional.

Dijelaskannya, saat ini jumlah jemaah umroh di tahun 2017 saja sudah menembus angka satu juta di luar calon jemaah haji. Jika BPKH memiliki aset hotel, maka akan menuai keuntungan bagi BPKH sekaligus bisa dipakai untuk memberikan subsidi bagi calon jemaah haji.

"Jemaah umroh tahun kemarin sudah tembus satu juta di luar jemaah haji. Kalau tahun berikutnya lebih besar dan BPKH memiliki aset hotel dengan kapasitas 2000 sampai 3000 orang, maka akan menjadi keuntungan bagi BPKH," tambah dia.

Pendapatan ini pada akhirnya bisa dipakai untuk subsidi calon jemaah haji, yang mana diketahui subsidinya tahun ini saja Rp27 juta. Tentu harapannya biaya haji menjadi rendah.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)