logo rilis

Indonesia Diharap Tak Kendor Dukung Kemerdekaan Palestina
Kontributor
Syahrain F.
01 April 2018, 20:11 WIB
Indonesia Diharap Tak Kendor Dukung Kemerdekaan Palestina
Prabowo Subianto berorasi dalam demonstrasi mendukung Palestina pada 11 Juli 2014 lalu, di Jakarta. FOTO: AFP

RILIS.ID, Padang— Duta Kemanusiaan Internasional untuk Muslim Palestina Mahyeldi Ansharullah berharap Indonesia terus konsisten menjadi yang terdepan dalam membela Palestina.

"Permasalahan di Palestina bukan hanya masalah agama Islam namun kemanusiaan, sehingga dibutuhkan hati nurani untuk membantu saudara kita di sana," katanya di Universitas Negeri Padang (UNP), hari ini (1/4/2018), dalam acara penggalangan dana untuk Palestina.

Mahyeldi dinobatkan sebagai Duta Kemanusiaan Internasional untuk Muslim Palestina pada 10 Februari 2018 oleh International Aqsa Institute Sumatera Barat (Sumbar), yakni Lembaga edukasi untuk masyarakat Sumbar tentang kondisi dan donasi untuk Al-Aqsa.

Menurutnya, Indonesia saat ini sudah tegas mendukung kemerdekaan Palestina, hal ini sesuai dengan amanat dalam konstitusi dasar negara.

Ia mengemukakan, Pemerintah Indonesia sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap permasalahan yang terjadi di Palestina, seperti penggalangan dana dan pembangunan fasilitas publik di sana.

"Indonesia juga melakukan diplomasi yang cukup rumit untuk membantu Palestina," ujarnya.

Ia berharap kepedulian, bantuan dan dukungan seperti ini tidak berhenti hingga Palestina terbebas dari pelanggaran kemanusiaan, ketidakadilan, dan penindasan.

"Manusia harus punya kepedulian dimana saja terjadi pelanggaran kemanusiaan itu," katanya.

Kemudian ia berpendapat, kepedulian harus dipupuk sejak kecil melalui pendidikan, sehingga anak-anak yang merupakan penerus bangsa tidak menutup mata nantinya jika terjadi penindasan baik di dalam negeri maupun di luar.

"Kalau generasi milenial nantinya tidak ada rasa peduli, itu artinya pendidikan kita gagal dan sebagai orang tua kita juga gagal," lanjutnya.

Penggalangan dana di UNP itu digelar oleh kumpulan organisasi yang tergabung dalam Harmony For Humanity. Acara itu juga diramaikan oleh Melly Goeslaw.

Ketua Panitia penggalangan dana dan konser amal Restiana menyebutkan, pihaknya menargetkan dana yang terkumpul sebesar Rp1 miliar yang akan disalurkan ke Palestina.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)