logo rilis

Indonesia Akan Kedatangan Kapal Selam Lagi pada Pertengahan 2018
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
13 Januari 2018, 08:50 WIB
Indonesia Akan Kedatangan Kapal Selam Lagi pada Pertengahan 2018
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi. FOTO: RILIS.ID/Zukhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alusista) untuk menjaga perairan Indonesia akan segera datang pada tahun ini. Salah satunya, kata dia, satu kapal selam yang merupakan kelanjutan dari tiga proyek kapal selam dari Korea Selatan.

Ade memastikan, kapal selam kedua setelah sebelumnya adalah KRI Nagapasa 403 itu akan datang pada pertengahan tahun 2018.

"Mungkin pertengahan antara April sampai dengan Juni," kata Ade di Mabes TNI AL, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Seperti diketahui, sebelumnya TNI AL sudah kedatangan satu kapal selam yakni KRI Nagapasa 403. Dua dari tiga pesanan kapal selam termasuk KRI Nagapasa 403 itu dibuat di galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) di Okpo, Korea Selatan. Sementara satu kapal selam lagi, rencananya akan dibuat di Indonesia yaitu di PT PAL. 

Proyek tiga kapal selam itu merupakan bagian dari rencana strategis Minimum Essential Fores (MEF) untuk TNI AL. Sesuai Renstra TNI AL, total kapal selam yang akan dimiliki ialah 12 buah.

"Kapal ketiga kan dibangun di PT PAL, sehingga kemudian kontrak berjalan multi years," pungkas mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI tersebut.


#TNI
#TNI AL
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)