logo rilis

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Hari Yoga Internasional Keempat 
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
30 April 2018, 15:22 WIB
Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Hari Yoga Internasional Keempat 
Menteri Pariwisata Arief Yahya. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia akan menjadi tuan rumah Hari Yoga Internasional yang ke-4 pada 2018 ini. Untuk itu, 10 kota besar di Indonesia akan menggelar Yoga Festival sebagai rangkaian menyambut Hari Yoga Internasional ke-4 yang akan diperingati setiap 21 Juni tersebut. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan Festival Yoga di Indonesia itu memiliki arti penting dalam meningkatkan hubungan dengan India. Apalagi, Indonesia dan India juga memiliki kesamaan dalam mengembangkan budaya olah tubuh tersebut. 

"Tahun 2019 mendatang adalah tahun yang sangat istimewa menandai hubungan bilateral yang baik selama 70 tahun. Event Yoga Festival memiliki arti penting dalam meningkatkan hubungan kedua negara," kata Arief di kantor Kemenpar, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Menpar Arief menjelaskan, yoga saat ini telah menarik banyak orang untuk mulai berlatih, termasuk masyarakat di Indonesia. Bahkan komunitas dan para praktisi yoga di Indonesia dan India, pertumbuhannya secara bersamaan, sehingga membawa hubungan kedua negara ini lebih dekat. 

“Pada Februari 2018 yang lalu, kami mengirim dua seniman terbaik, yakni Anjasmara dan Ayu Laksmi, untuk menghadiri Festival Yoga Internasional di Rishikesh, India,” ujar Arief.

Nantinya, puncak perayaan event ini akan diselenggarakan di Candi Prambanan, Yogyakarta pada Minggu, 24 Juni 2018. Lebih dari 10 ribu peserta akan mengikuti berbagai sesi yoga yang diperagakan oleh para guru profesional dari India. 

Yoga sendiri telah mendapatkan pengakuan sebagai warisan dunia. Pada 11 Desember 2014, India menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional, dengan mengeluarkan resolusi di Majelis Umum PBB yang didukung Indonesia dengan menggalang suara dari 177 negara anggota.

Event Yoga Festival 2018 dalam menyambut Hari Yoga Internasional ke-4 di Indonesia akan berlangsung di 10 kota di antaranya Malang, Jakarta, Yogyakarta dan Bandung. Kemudian ada di Bali, Surabaya dan juga Medan.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)