logo rilis

India Lontarkan Pernyataan Provokatif soal Nuklir, Pakistan Nyatakan Siap Perang
Kontributor
Syahrain F.
14 Januari 2018, 14:23 WIB
India Lontarkan Pernyataan Provokatif soal Nuklir, Pakistan Nyatakan Siap Perang
Pasukan militer India terpeleset setelah berupaya menendang selongsong gas air mata yang dilemparkan balik oleh kelompok

RILIS.ID, Islamabad— Pakistan dan India kembali memanas. 

Dilansir dari kantor berita Anadolu Agency hari ini (14/1), Pakistan mengecam sebuah pernyataan yang keluar dari kepala militer India Jenderal Bipin Rawat. Dalam pernyataannya pada Jumat (12/1) kemarin, Rawat dinilai bersikap provokatif dengan mengancam akan menyerang Pakistan.

Baca Juga

"Bila kami benar-benar harus melewati perbatasan dan menghadapi pihak Pakistan, dan kami diberikan tugas, kami tidak akan takut dengan senjata nuklir mereka (Pakistan). Kami harus mengabaikan itu," kata Rawat seperti dikutip koran Hindustan Times.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Mohammad Faisal membalas pernyataan itu dengan menyatakan sangat siap apabila kemungkinan terburuk (perang, red) sampai terjadi.

"Pakistan telah terbukti mampu menahan serangan. Isu ini (ancaman dari India) tidak boleh dianggap enteng. Jangan sampai terjadi peperangan karena salah perhitungan. Pakistan mampu membela diri sendiri," kata , juru bicara kementerian.

Menteri Luar Negeri Pakistan Khawaja Asif juga menanggapi sikap India itu dengan percaya diri. Menurutnya, pernyataan Rawat sangat berpotensi menyulut perang antar kedua negara yang selama ini rentan digoyang isu perebutan wilayah Kashmir.

"Statemen dari Kepala Militer India sangat tidak pantas. Tampak seperti sebuah ajakan adu nuklir. Bila itu yang mereka inginkan, mereka boleh menantang kami. Tidak ada keraguan dari sang jenderal (dirinya), insya Allah," ujar Asif melalui Twitternya.

Militer Pakistan juga menanggapi perang urat syaraf itu dan mengatakan mereka adalah negara yang tidak menjadikan kekuatan nuklirnya untuk menebar ancaman. 

"Kami adalah militer yang profesional, negara nuklir yang bertanggung jawab, dan bangsa yang tabah. India harus paham itu," kata Mayor Jenderal Asif Ghafoor, juru bicara militer Pakistan, kepada stasiun PTV World.

Dia juga mengatakan Pakistan memiliki kekuatan nuklir yang kredibel, khusus untuk "ancaman dari timur," mengacu pada perbatasan timur dengan India. 

Sumber: Anadolu Agency


#pakistan
#india
#nuklir
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)