logo rilis

Impor Beras, Rizal Ramli: Menggerogoti Elektabilitas Jokowi di Kalangan Petani
Kontributor

15 Januari 2018, 18:39 WIB
Impor Beras, Rizal Ramli: Menggerogoti Elektabilitas Jokowi di Kalangan Petani
FOTO: RILIS.ID/ Taufiq Saifuddin

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) Rizal Ramli menilai, kebijakan impor beras bakal berakibat fatal pada elektabilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Saya sudah dikabarkan, pembelian beras impor ini di Vietnam dan Thailand dari tahun lalu. Transaksinya juga nanti di luar negeri ini. Kalau memang begini, saya cuma mau bilang, janganlah suasana sulit seperti ini ada yang mau cari duit. Ini bisa menggerogoti elektabilitas Pak Jokowi di level petani," kata Rizal saat jumpa pers di Food Station, Cipinang, Jakarta, Senin (15/1/2018). 

Menurutnya, ribut-ribut seperti ini sudah seringkali terjadi di masa pemerintahan Jokowi. Artinya, ada permainan dalam upaya mengatasi kelangkaan pasokan beras dengan impor.

"Kita kok ributnya begini terus, dari dulu permainannya selalu beli impor. Pada akhirnya, berasnya tidak dipakai tapi disimpan di gudang sampai 4-5 tahun. Itulah beras yang dikasih ke orang miskin. Padahal, itu tidak layak karena beras itu sebenarnya untuk pakanan ternak," jelas Rizal dengan nada rendah. 

Rizal menjelaskan, kebiasaan mengimpor beras terjadi karena ada keuntungan yang besar dalam proses impor. Padahal, kalau menajemen pengelolaan stok beras bagus, impor beras bisa dihindarkan. 

"(Pasokan) beras (harusnya) berputar terus di gudang, sehingga yang keluar gudang kualitasnya bagus untuk rakyat miskin," tandas Rizal. 


#Impor Beras
#Presiden Jokowi
#Rizal Ramli
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)