Home » Peristiwa » Dunia

Imam Besar New York asal Indonesia Bangun Pesantren Pertama di AS

print this page Senin, 13/11/2017 | 15:25

FOTO: kitabisa.com/pesantrenamerika.

RILIS.ID, Makassar— Imam Besar New York, asal Indonesia, Shamsi Ali, tengah melakukan penggalangan dana guna membangun pondok pesantren pertama di Amerika Serikat yang akan dinamai Pondok Pesantren Madani USA.

"Jika bicara pendidikan Islam di USA, belum ditemui pusat pendidikan Islam yang dikelola muslim Indonesia. Padahal, terbukti muslim Indonesia memiliki warna dakwah yang khas, dan unik dari yang disampaikan komunitas muslim asal Pakistan, ataupun dari Timur Tengah," kata Ali dalam siaran persnya diterima di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/11/2017).

Karena itu, ucap pria kelahiran Bulukumba ini, melalui Nusantara Foundation, ia menggalang dana untuk membangun pesantren pertama di AS.

Imam di Islamic Cultural Centre of New york, Masjid terbesar di New York, itu pun mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung pembangunan tersebut melalui situs galang dana kitabisa.com.

"Saat ini, tercatat dana yang telah terkumpul dari dana umat senilai Rp761.044.411, dari 530 orang donatur di laman kitabisa.com/pesantrenamerika," paparnya.

Rencananya, pesantren ini akan menempati lahan seluas 7,4 hektare di negara bagian Connecticut.

"Saya sudah berkeliling ke beberapa tempat dan menemukan lokasi yang Insya Allah tepat untuk dijadikan pesantren. mohon dukungannya," papar dia berharap bantuan dari saudara muslim.

Namun, karena keterbatasan waktu untuk bisa membayar biaya pembelian lahan membuat, Imam Shamsi berharap umat muslim ikut menyalurkan bantuan untuk terwujudnya pusat pendidikan Islam di AS.

"Setelah berdiskusi dengan land lord (pemilik lahan) kami diberi tenggat waktu untuk melunasi pembelian pada akhir November 2017. Jika tidak lahan ini bisa diambil pihak lain. Untuk itu saya mengajak sahabat-sahabat semua untuk berkenan mendukung pesantren ini," harapnya.

Sedangkan anggaran yang dibutuhkan untuk pengembangan lahan tersebut mencapai US$1 juta, atau setara Rp13 miliar. Jumlah itu meliputi US$750 ribu untuk pembelian lahan, dan US$250 ribu untuk pembersihan dan pengembangan lahan.

Editor Eroby JF
Sumber ANTARA

Tags:

Shamsi AliImam Besar New YorkPesantren di Amerika SerikaPondok Pesantren

loading...