logo rilis

Ilmuwan Temukan Enzim Pengurai Sampah Plastik
Kontributor
Syahrain F.
18 April 2018, 18:49 WIB
Ilmuwan Temukan Enzim Pengurai Sampah Plastik
Sebaran sampah plastik menutupi sebagian permukaan air, di Danau Vacha, Krichim, Bulgaria, 25 April 2009. FOTO: Getty Images/Dimitar Dilkoff

RILIS.ID, San Francisco— Para ilmuwan telah menemukan enzim yang dapat menghancurkan beberapa plastik yang paling umum di bumi.

Enzim ini ditemukan secara tidak sengaja ketika para ilmuwan memanipulasi enzim alami yang dikenal sebagai PETase di pusat daur ulang Jepang.

Para ilmuwan tengah mempelajari enzim yang diyakini dapat menguraikan barang-barang yang terbuat dari polyethylene terephthalate atau PET. PET, yang ditemukan pada 1940-an, umumnya ditemukan dalam jutaan botol plastik.

Enzim tersebut dapat menjadi terobosan baru dalam mengurangi jumlah sampah plastik yang sulit terurai selama berabad-abad.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Laboratorium Energi Terbarukan Nasional Departemen Energi Amerika Serikat (NREL) dan Universitas Portsmouth di Inggris, dan hasilnya diumumkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

"Setelah 96 jam, Anda dapat melihat dengan jelas melalui mikroskop elektron bahwa PETase menguraikan PET," jelas ilmuwan senior dari NREL Bryon Donohoe.

"Uji coba ini menggunakan sampel langsung dari apa yang ditemukan di lautan dan tempat pembuangan akhir (TPA)," tambah dia.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)