logo rilis
ICMI Minta Timses Paslon di Pilpres 2019 Tak Musuhi Penyelenggara Pemilu
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 Januari 2019, 20:30 WIB
ICMI Minta Timses Paslon di Pilpres 2019 Tak Musuhi Penyelenggara Pemilu
FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) meminta kepada masing-masing tim pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019 tak memusuhi penyelenggara pemilu, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Menurut Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie, mestinya para tim paslon justru berprasangka baik terhadap KPU. 

"Ada saja orang itu kalau sudah punya sikap, dicari-cari. Jangan memusuhi penyelenggara pemilu. Ngapain memusuhi penyelenggara pemilu, justru merugikan sendiri," katanya di Jimly School of Law and Government, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Mantan Ketua MK itu merasa aneh dengan adanya pihak tertentu yang menaruh curiga terhadap KPU. Apalagi, tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 baik pileg maupun pilpres baru saja dimulai. 

"Belum apa-apa sudah dicurigai. Kan sudah ada DKPP dan Bawaslu. Anda pakai itu. Jangan memusuhi mereka. Kalau anda tidak sukai, anda mengambil jarak ke mereka, ya mereka juga mengambil jarak ke anda. Kan anda yang rugi," ujarnya. 

Dia menyayangkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, yang menaruh curiga terhadap KPU terkait debat Pilpres 2019. Menurutnya, tidak boleh para tim paslon mencurigai KPU secara berlebihan. 

"Jadi anda harus berprasangka yang baik kepada penyelenggara. Masa belum mulai sudah enggak percaya. Saya lihat statement dari Priyo (Wakil Direktur BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso) itu bagus, tapi Fadli Zon terabas saja. Itu enggak baik. Jangan ambil jarak, harus baik-baik. Meskipun anda berhadapan dengan musuh sekalipun, komunikasi anda tetap harus baik," paparnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID