logo rilis
ICMI Imbau Semua Agama Lakukan Reformasi Dakwah
Kontributor
Tio Pirnando
16 Maret 2018, 19:16 WIB
ICMI Imbau Semua Agama Lakukan Reformasi Dakwah
Jimly Asshiddiqie. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyarankan semua pemuka agama melakukan reformasi dakwah. Pasalnya, tantangan terbesar Indonesia saat ini, selain radikalisme yang menjual nama agama, ialah menghalau permusuhan dan ujaran  kebencian yang ditampilkan di media sosial.

"Ya, jadi bagi setiap umat beragama baik Islam, Kristen, Hindu, Katolik, Konghucu dan Budha itu harus melakukan reformasi internal supaya menghadapi ancaman distruktif teknologi medsos. Kalau dibiarkan, semua orang tukang benci, semua orang marah, bisa jadi rusak negara ini," kata Jimly di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Padahal, kata mantan Ketua Mahkamah Kosntiutsi (MK) ini, semua agama mengajarkan cinta kasih dan berkerja sama dalam kebaikan, bukan permusuhan.

Selain itu, Jimly menilai, kebebasan berpendapat dan pengaruh globalisasi dengan banjirnya informasi harus diimbangi dengan perilaku ideal. Karenanya, semua komponen bangsa harus memastikan tidak meninggalkan jati diri bangsa pada setiap perilakunya di  era revolusi industri ke-4 ini.  

Jimly juga mengharapkan elemen bangsa tetap menjaga pilar-pilar Indonesia, seperti Nengara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI), Bineka Tunggal Ika, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar NRI 1945. Apalagi, masalah ekstrimisme memakai nama agama melalui media sosial sudah sangat menyebar di mana-mana. 

"Harus membantu negara secara bersinergi bersatu padu agar negara ini tetap plural. Dan, kita harus optimis dengan Pancasila kita, kita tidak akan kalah dengan ekstrimis dan radikalisme," tukas dia.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID