logo rilis
Ibu Hamil Dapat Rp3 Juta per Orang, DPR: Angka Stunting Pasti Turun Tahun Ini
Kontributor
Nailin In Saroh
27 Februari 2020, 16:04 WIB
Ibu Hamil Dapat Rp3 Juta per Orang, DPR: Angka Stunting Pasti Turun Tahun Ini
Komisi VIII DPR Selly Gantina. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Sosial Republik Indonesia melakukan langkah cepat merespon perintah Presiden Jokowi untuk menurunkan angka stunting. Dalam Rencana Program Anggaran Kemensos tahun 2020, terdapat realokasi anggaran cukup signifikan, yaitu penghematan 720 miliar rupiah dari efisiensi program bantuan sosial dan efisiensi belanja barang. 

Dana segar dari penghematan tersebut digunakan untuk peningkatan bantuan sosial yang diberikan pada masyarakat, salah satunya lewat Program Keluarga Harapan (PKH) khususnya bagi Ibu hamil. Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR Selly Andriany Gantina menyampaikan pandangannya.

"Beberapa waktu lalu Pak Menteri (Menteri Sosial Juliari P. Batubara) menyampaikan dalam rapat kerja, bahwa tahun ini Ibu hamil dapat 3 juta rupiah dari sebelumnya 2,4 juta. Saya rasa itu perlu didukung. Dampaknya jelas, angka stunting pasti turun tahun ini" ujar Selly kepada wartawan di Komplek Parlemen, Rabu (26/2/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebut bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang memiliki ibu yang sedang hamil bisa memaksimalkan program ini dengan baik. 

"Kan sudah ditambah (besaran bantuannya), jadi KPM yang ada ibu hamilnya bisa lebih meningkatkan kualitas hidupnya. Asupan gizinya meningkat, jadi resiko stunting juga turun. Program ini juga jadi lebih maksimal" tambahnya.

Selly juga meminta Kemensos memastikan bahwa peningkatan ini juga harus dieksekusi tepat sasaran.

"Untuk itu Kemensos penting memastikan PKH ini tepat sasaran. Realokasi anggaran sudah baik, jangan terganggu oleh temuan fakta bantuannya tidak tepat sasaran" pungkasnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID