logo rilis
Ibnu Munzir: KNKT Harus Usut Tuntas Penyebab Tenggelamnya KM Arista
Kontributor
Eroby JF
14 Juni 2018, 22:00 WIB
Ibnu Munzir: KNKT Harus Usut Tuntas Penyebab Tenggelamnya KM Arista
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir mengucapkan duka mendalam atas musibah tenggelamnya KM Arista di perairan antara Pulau Kayangan dan Tanggul Reklamasi, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/6) kemarin.

Anggota DPR dari Sulawesi Barat ini meminta KNKT untuk mengusut tuntas penyebab dari musibah yang menewaskan sekitar 15 penumpang itu.

"Komisi V DPR RI turut berduka cita dan prihatin atas tenggelamnya kapal Arista hingga menelan belasan korban jiwa. Kami mendesak Pemerintah, termasuk KNKT, untuk mengusut tuntas penyebab tenggelamnya kapal Arista dan menginfokan kepada publik," kata Ibnu Munzir, kepada rilis.id, Kamis (14/6/2018) malam.

Politisi Partai Golkar ini juga mendesak Pemerintah untuk memberikan sanksi tegas terhadap pihak-pihak yang terbukti lalai dalam pengawasan pelayaran.

"Perlu diperdalam berapa kapasitas KM Arista, apabila kapasitasnya hanya 30 orang, berarti kapal tersebut overcapacity, overload, melebihi muatan, maka harus diberikan sanksi tegas bagi Syahbandar yang memberikan izin berlayar kapal tersebut," tegas Kak Emon, sapaan akrabnya.

Terlebih, katanya, banyak korban penumpang meninggal yang tidak menggunakan pelampung. Padahal, aturan mewajibkan setiap kapal penumpang menyediakan pelampung sesuai kapasitas penumpangnya.

Sebelumnya, sekitar pukul 12.45 WITA, KM Arista yang berlayar dari Pelabuhan Paotere, terbalik hingga tenggelam usai dihantam amgin dan ombak yang besar.


500
komentar (0)