logo rilis
Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Yuk Coba Resep Ini...
Kontributor
Elvi R
20 Maret 2019, 18:00 WIB
Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Yuk Coba Resep Ini...
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Pergantian musim yang sedang melanda 80 persen wilayah di Indonesia cenderung membawa dampak kurang baik bagi kesehatan. Hujan dan panas yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh cepat merosot. Namun, ada berbagai minuma yang mampu menjaga daya tahan tubuh kita lho. Minuman ini bahkan mudah dijumpai dan dibuat di rumah. Yuk, simak berbagai tips di bawah ini!

1. Teh Hijau

Dilansir dari berbagai sumber teh hijau mengandung zat Polifenol yang bertindak sebagai antioksidan aktif dan kuat bagi tubuh. Bahkan, teh hijau mampu membuat tubuh dan jaringan menjadi rileks, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Yoghurt

Minuman dengan rasa asam dan segar ini rupanya tidak hanya digunakan untuk melancarkan buang air besar. Ternyata, olahan susu ini mampu membuat daya tahan tubuh meningkan. Karena, minum probiotik ini mengandung bakteri ramah yang disebut bifidobacterium. Keistimewaannya adalah mampu meningkatkan sel darah putih dan menjaga kualitas imun.

3. Jus Jeruk

Mengandung vitamin C dengan jumlah 53,2 miligram per 100 gram, ternyara jeruk mampu memperbaiki sel yang rusak akibat serangan bakteri. Bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Baiknya diminum hangat-hangat ya!

4. Jus Wortel dan Tomat

Mungkin mengonsumsi jus wortel tidak terlalu disukai oleh sebagian orang karena rasanya. Namun, perpaduan jus wortel dan tomat memiliki rasa yang nikmat. Tidak hanya itu, kedua jenis buah ini mengandung vitamin A, Betakaroten, B Kompleks, Zat Besi, Kalium, Natrium dan Fosfor. Fosfor sendiri mampu meningkatkan fungsi hati, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Enggak cuma baik buat orang dewasa, anak-anak juga bisa minum jus ini.

5. Kunyit

Siapa yang suka minum jamu? Mungkin sebagian besar dari kita terutama ibu-ibu suka minum jamu. Ternyata jamu kunyit adalah ramuan yang mampu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Karena kunyit yang pada umumnya untuk bumbu masakan ini mengandung banyak manfaat. Di antaranya, anti bakteri, antibiotik alami, antioksidan kuat dan senyama Kurkumin. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga termasuk vitamin C. Jadi, super banget untuk menjaga daya tahan tubuh lho. Untuk menambah kenikmatan jamu kunyit, kalian bisa menambahkan madu, atau gula aren. Jangan lupa asam jawa. Jadi makin nikmat deh.

6. Jahe

Salah satu rempah yang memilikii aroma harum khas ini adalah salah satu bahan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe memiliki kandungan minuak atsiri seperti Kurkumen, Zingibekorl, Zingiberena, Bisabolena, Gingerol, Filandreana. Senyawa tersebut menyehatkan pencernaan, pembuluh darah, menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun. Mau main baik untuk minuman sehari-hari? Tambahkan lemon dan madu, seduh dengan air hangat. Cocok diminum di pagi hari.

7. Madu Murni dan Lemon

Rasa manis dan asam yang segar mengandung banyak nutrisi. Madu asli banyak mengandung vitamin B2, B3, B5, B6, B9, Kalsium, Besi, Magnesium, Natrium, Zink, Protein, Serat Pangan. Segudang manfaat ini mampu menjadi penambah daya tahan tubuh kita. Bahkan, madu mampu menonaktifkan logam bebas berbahaya yang terkandung dalam tubuh kita loh. Mampu membersihkan radikal bebas di dalam tubuh kita. Sehingga, kita kuat. Sedangkan lemon banyak mengandung vitamin C.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID