Home » Bisnis

Hubungan Indonesia-Cina Makin Akrab Lewat Kesepakatan Ini

print this page Jumat, 12/1/2018 | 14:02

ILUSTRASI: RILIS.ID/ Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Tingkatkan kerja sama bilateral di sektor keuangan, Bank Indonesia (BI) dan People’s Bank of China (PBC) sepakat membuka kantor perwakilan di Beijing.

Kesepakatan yang ditandatangani Gubernur BI Agus D.W Martowardojo dan Gubernur PBC  Zhou Xiaochuan, sekaligus menandai tonggak sejarah kedua Bank Sentral. Ini sejalan dengan semakin pentingnya peran Cina dalam perekonomian global dan kawasan, termasuk bagi Indonesia.

“Keberadaan Kantor Perwakilan BI di Beijing diharapkan dapat semakin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara. Sekaligus meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di Cina, termasuk implikasinya bagi Indonesia,” demikian disampaikan Gubernur BI dalam pernyataan resminya.

Kantor perwakilan nantinya akan memiliki peran penting, sebagai kontak utama dan penghubung dengan PBC, Badan Pemerintah Cina lainnya, dan para pelaku pasar keuangan di Cina.

Kantor perwakilan yang baru disepakati (5/1) ini, merupakan kantor perwakilan luar negeri kelima yang didirikan oleh BI. Menyusul sebelumnya, di Tokyo (Jepang), Singapura, London (Inggris), dan New York (Amerika Serikat).

Penulis Intan Nirmala Sari

Tags:

Bank IndonesiaAgus MartowardojoPBoC