logo rilis

HPS ke-38 di Kalsel, Balitbangtan Gelar Inovasi Teknologi Lahan Rawa
Kontributor
Kurnia Syahdan
12 Juli 2018, 18:08 WIB
HPS ke-38 di Kalsel, Balitbangtan Gelar Inovasi Teknologi Lahan Rawa
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Tersisa empat bulan lagi peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, 18 hingga 21 Oktober 2018 mendatang.

Peringatan HPS di Kalsel ini rencana akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang juga akan melakukan Pencanangan Pemanfaatan Lahan Rawa, di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Dengan potensi lahan pertanian seluas 4.000 hektare di Desa Jejangkit yang disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat untuk diaplikasikan dengan teknologi budidaya sistem usaha tani padi melalui dukungan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan).

Lahan sawah di Kabupaten Batola akan dijadikan sebagai lahan percontohan budidaya padi di lahan rawa lebak sekaligus sebagai lokasi Gelar Inovasi Teknologi Usahatani di lahan rawa seluas 100 hektare untuk komoditas tanaman pangan dan hortikultura mendukung ketahanan pangan.

Selain itu juga akan digelar percontohan penanganan Coorporate Farming atau penguatan kelembagaan petani berbasis mekanisasi pertanian.

Persiapan kegiatan gelar inovasi teknologi lahan rawa ini melibatkan forum Kelitbangan dari berbagai Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balitbangtan, di antaranya Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru, Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Bogor, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) Sukamandi, Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Solok, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBMektan) Serpong, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor, BPTP Kalsel dan BPTP Kalteng.

Menurut Kepala Seksi Kerja sama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Kalteng, Dedy Irwandi, pihaknya memperoleh tugas dari Forum Kelitbangan Badan Litbang Pertanian untuk menyiapkan bibit pisang kepok spesifik lahan pasang surut sebanyak 1.400 bibit yang dilakukan secara bertahap, bibit padi yang siap tanam serta varietas unggul Inpari 42 yang tersedia di Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP Kalteng, saat peringatan Hari Pangan Sedunia itu.

Ia berharap gelar inovasi teknologi lahan rawa di peringatan HPS ke-38 di Kalsel ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Karena kegiatan ini juga didukung penuh oleh TNI dan kelompok-kelompok tani serta instansi terkait di Kalteng," tambah Dedy.

 

Sumber: Dedy Irwandi


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)