logo rilis

Hormati Kaum Lanjut Usia, Bakal Digagas Hari Kebangkitan Lansia
Kontributor
Ning Triasih
05 Juli 2018, 18:00 WIB
Hormati Kaum Lanjut Usia, Bakal Digagas Hari Kebangkitan Lansia
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Besok merupakan puncak peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional ke-22, Kamis (6/7/2018). Perayaan ini bakal dilangsungkan di Lapangan Paskhas TNI Angkatan Udara, Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Di puncak Hari Lansia besok, akan ada pencanangan Hari Kebangkitan Lansia oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Menurut Puan, seperti dilansir dari ANTARA, pencanangan Hari Kebangkitan Lansia bertujuan mendukung kaum lansia agar tetap produktif, mampu hidup bersemangat dan sejahtera.

"Kami mencanangkan Hari Kebangkitan Lansia agar para lansia tetap bisa diberdayakan, tetap produktif sehingga bisa ikut menjaga keluarga sehingga tetap semangat, sehat, dan sejahtera," ujar Puan.

Selain itu, lanjutnya, akan diumumkannya Hari Kebangkitan Lansia ini di DIY ini juga sengaja dilakukan mengingat Yogyakarta merupakan salah satu provinsi dengan jumlah lansia terbanyak. Pencanangan itu juga merupakan bagian dari bentuk penghormatan kepada para lansia atas pengabdian mereka kepada bangsa.

Sementara itu, Menteri Sosial Idrus Marham dalam kesempatan yang sama menyerahkan draf perubahan UU Nomor 13 Tahun 1998 dari masyarakat kepada Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher, dengan harapan agar segera masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

"Draf ini untuk segera dibahas agar kesejahteraan lansia nanti semakin bagus," katanya.

Menurut Idrus, Undang-Undang ini akan memposisikan para lansia sebagai salah satu penyangga pembangunan serta pengawas nilai-nilai budaya bangsa, sekaligus inspirator dan motivator generasi selanjutnya.

Hari Lanjut Usia sendiri merupakan salah satu momen penting yang diperingati setiap 29 Mei. Ini merupakan wujud kepedulian dan penghargaan untuk kalangan lansia.

Dalam peringatan Hari Lanjut Usia ini, biasanya pemerintah menggelar kegiatan yang mengikutsertakan lansia, seperti acara senam bersama, aneka perlombaan, serta penyerahan bantuan bagi lansia.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)