logo rilis
Hore! Mudik 2018 Bisa Lalui Tol Pemalang-Batang
Kontributor
Fatah H Sidik
28 Mei 2018, 23:45 WIB
Hore! Mudik 2018 Bisa Lalui Tol Pemalang-Batang
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (rompi merah-hitam), saat meninjau proyek Tol Pemalang-Batang di Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (26/5/2018). FOTO: Humas Kementerian PUPR

RILIS.ID, Pemalang— Pemerintah memastikan jalan Tol Pemalang-Batang bisa dilalui saat mudik Lebaran 2018 secara fungsional. Tol ini memiliki panjang 39,2 kilometer.

"Pada H-10, Tol Pemalang-Batang siap dilalui," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, via siaran pers kepada rilis.id di Jakarta, Senin (28/5/2018). Dia sempat meninjau kesiapan infrastruktur jalan tol dari Brebes Timur hingga Kartasura, Sabtu (26/5/).

Sepanjang 17,5 kilometer di Seksi I Pemalang-Pekalongan menjadi titik kritis yang ditinjau, lantaran kondisi tanahnya lunak dan tebal (soft soil) dengan kandungan air tanah tinggi. Sehingga, pembangunannya memerlukan teknik konstruksi khusus, preloading dan vacum.

"Dari 17,5 kilometer, nantinya sepanjang ??13 kilometer menggunakan aspal. Sementara sisanya, adalah lean concrete. Penggunan aspal dipilih dibandingkan beton, karena tanahnya soft soil," jelasnya.

Badan usaha jalan tol (BUJT) ruas tersebut, PT Pemalang Batang Toll Road, pun telah menyelesaikan penimbunan tanah pada oprit jembatan. Dengan demikian, seluruh ruas sudah terhubung. 

Meski begitu, jalur tol fungsional Pemalang-Batang belum memiliki pintu masuk maupun keluar tol saat mudik. Akses masuk dan keluar hanya tersedia di Gandulan dan Batang. 

Alat penerangan juga belum dilengkapi. Tetapi, akan dilengkapi tolo-tolo dan pembatas jalan untuk membantu pengemudi dalam berkendara. "Di rest area juga kami sedakan lampu sementara," sambung Basuki.

Tol Pemalang-Batang dikerjakan konsorsium PT Waskita Karya dan PT Sumber Mitra Jaya. Proyek dengan nilai investasi sekitar Rp6 triliun ini, ditargetkan rampung dan beroperasi akhir 2018.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)