logo rilis
Home Terminal, Aplikasi Daring Mudahkan Kebutuhan Pelayaran
Kontributor
Eroby JF
09 Mei 2018, 19:53 WIB
Home Terminal, Aplikasi Daring Mudahkan Kebutuhan Pelayaran
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Surabaya— Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III meluncurkan aplikasi berbasis online (daring) bernama Home Terminal untuk memberi berbagai kemudahan bagi pemenuhan kebutuhan perusahaan pelayaran.

"Aplikasi ini sudah kami terapkan sejak sekitar dua bulan lalu. Sampai sekarang sudah ada 14 perusahaan pelayaran yang terdaftar di dalam aplikasi tersebut," ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra kepada wartawan di Surabaya, Rabu (9/5/2018).

Aplikasi Home Terminal dapat diunduh oleh masyarakat umum melalui telepon seluler pintar atau smartphone.

Dia menjelaskan, aplikasi Home Terminal adalah market place bagi perusahaan pelayaran.

"Perusahaan pelayaran bisa memesan berbagai kebutuhan kapalnya melalui aplikasi ini," katanya.

Menurut dia, perusahaan pelayaran biasanya memenuhi segala kebutuhan kapalnya untuk keperluan berlayar pada saat sedang sandar di pelabuhan dengan memesan kepada agen di daratan.

"Dengan adanya aplikasi Home Terminal, mereka kini bisa memesan segala kebutuhannya secara daring, bahkan ketika sedang dalam pelayaran di laut," ujarnya.

Mantan Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia yang akrab disapa Ari Ashkara itu mencontohkan, saat kapal sedang berlayar, sebelum sampai di pelabuhan, bisa langsung pesan kebutuhannya melalui aplikasi Home Terminal. Sehingga pada saat berlabuh, segala kebutuhan tersebut sudah tersedia.

"Kebanyakan mereka membutuhkan bahan bakar, selain juga air bersih dan makanan. Sebelum ada aplikasi ini, mereka memesan melalui agen saat sudah berlabuh," ucapnya.

Dia menandaskan, keuntungan memesan kebutuhan kapal melalui aplikasi Home Terminal adalah memangkas biaya logistik, selain juga menghemat waktu.

"Kalau memesan melalui agen, tentunya pihak agen mengambil keuntungan dari jasa penyediaan barang yang dibutuhkan kapal. Sehingga memesan melalui aplikasi Home Terminal bisa jauh lebih murah. Selain itu kebutuhannya bisa langsung tersedia begitu kapal sandar di pelabuhan," katanya.

Sementara ini, aplikasi Home Terminal hanya dapat melayani kapal-kapal yang akan sandar di seluruh pelabuhan, dermaga dan terminal wilayah kerja PT Pelindo III.

"Tapi, kami sudah bagikan software aplikasi Home Terminal kepada Pelindo I, II dan IV agar ke depan layanan ini dapat diterapkan di seluruh pelabuhan lainnya se-Indonesia," ujar Ari Ashkara.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)