logo rilis
Heboh Bocah Dihukum Mandi Oli Bekas, Ini Bahayanya
Kontributor
Ning Triasih
02 Mei 2018, 12:51 WIB
Heboh Bocah Dihukum Mandi Oli Bekas, Ini Bahayanya
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Seorang bocah di Sleman, Yogyakarta dihukum mandi oli bekas. Pasalnya, ia kpergok mencuri onderdil dari sebuah bengkel.

Sang pemilik bengkel meminta bocah laki-laki itu menyiramkan oli bekas ke kepala dan badannya. Sontak, foto-foto peristiwa sang bocah tengah menyiramkan oli yang beredar di media sosial itu langsung viral dan ramai diperbincangkan.

Peristiwa ini tentu sangat disayangkan, mengingat oli bekas sangatlah membahayakan lingkungan, tak terkecuali kesehatan. Pasalnya, limbah ini tergolong B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Seperi dilansir dari berbagai sumber, B3 adalah limbah yang sangat berbahaya, karena bersifat korosif, mudah terbakar, mudah meledak, reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, iritan, mutagenic dan radioaktif. Bisa dibayangkan dong apa akibatnya jika zat berbahaya itu terkontaminasi langsng dengan kulit manusia?

Oli bekas juga mengandung logam berat. Apabila masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi, maka bisa mengakibatkan kerusakan ginjal, syaraf dan penyakit kanker.

Dalam kasus bocah di Sleman ini, oli disiramkan ke bagian kepala, yang artinya secara langsung mengenai kulit kepala. Dampaknya, dalam waktu singkat bisa menyebabkan iritasi kulit. Lebih bahayanya lagi, jika terserap ke pori-pori kulit kepala, dapat menyebabkan kanker otak, mata, hidung dan mulut.

Oli, jika mengenai kulit juga bisa menyebabkan kememerahan, perih, bahkan sampai mengalami pengelupasan.


500
komentar (0)