logo rilis

Hati-Hati Mencibir Fisik Orang Lain di Medsos, Ini Hukumannya
Kontributor
Ning Triasih
19 November 2018, 23:01 WIB
Hati-Hati Mencibir Fisik Orang Lain di Medsos, Ini Hukumannya
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Mencibir dan menghina fisik orang lain di media sosial kini seolah menjadi hal biasa. Tak sedikit orang yang tenang-tenang saja dengan aksinya tersebut.

Namun, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan buruk itu. Pasalnya, menghina bentuk atau penampilan fisik seseorang (body shaming) bisa membuat Anda masuk jeruji besi dan didenda jutaan rupiah.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengingatkan warganet agar berhati-hati dalam berkomentar di media sosial, terlebih mengomentasi soal fisik seseorang.

"Perhatian Para Netizen. Hati-hati mengomentari fisik dengan maksud mencibir/mengejek/menghina di medsos bisa kena pasal hukum," tulis Ridwan Kamil memberi keterangan unggahan infografis soal 'Ancaman Pidana Bagi Netizen yang Berkomentar Body Shaming' di Instagramnya @ridwankamil, Senin (19/11/2018).

Seperti melansir dari unggahan Instagram Klinik Hukumonline, body shaming sendiri adalah tindakan mengejek atau menghina dengan mengomentari fisik (bentuk maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang.

Pelaku penghinaan atau body shaming di media sosial, bisa dijerat dengan Pasal 27 ayat (3) jo, Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang telah diubah oleh UU Nomor 19 Tahun 2016. Ini merupakan delik aduan.

Dalam undang-undang tersebut, ancaman hukuman untuk pelaku penghinaan pun tak main-main, yakni penjara paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)