logo rilis
Hasil Sementara KPU Jatim Khofifah-Emil Unggul dari Gus Ipul-Puti
Kontributor
Budi Prasetyo
28 Juni 2018, 21:30 WIB
Hasil Sementara KPU Jatim Khofifah-Emil Unggul dari Gus Ipul-Puti
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Surabaya— Hasil penghitungan suara cepat Pemilihan Gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak unggul dari Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Khofifah-Emil unggul dengan 53,68 persen dan Gus Ipul-Puti memperoleh angka 46,32 persen.

"Penghitungan Situng KPU berdasarkan scan Formulir C dan C1 dari 67.664 TPS," kata komisioner KPU Jawa Timur Muhammad Arbayanto  pada Kamis, (28/6/2018).

Dia mengatakan, dalam Pilkada Serentak 2018, KPU menerapkan penghitungan cepat bernama sistem informasi penghitungan atau Situng yang bisa diakses secara online. 

Arbayanto mengatakan, hingga siang tadi, data scan C dan C1 sudah masuk 68 persen atau 44 ribu TPS se-Jatim.

Dari data yang masuk itu, Khofifah Emil dinyatakan unggul. Sementara itu, di beberapa kabupaten/kota, suara yang masuk mencapai 100 persen.

Dijelaskan Arbayanto, KPU tetap berpegang pada rekapitulasi hasil penghitungan suara secara manual. Saat ini, proses rekapitulasi berjalan di tingkat kecamatan sampai 3 Juli nanti lalu rekapitulasi tingkat kabupaten/kota mulai tanggal 4 sampai 6 Juli 2018. 

"Selanjutnya rekapitulasi tingkat provinsi mulai tanggal 7 sampai tanggal 9 Juli. Nah, dalam proses rekapitulasi berjenjang ini mungkin saja ada perbaikan-perbaikan di formulir C atau C1. Artinya bisa saja ada salah hitung, salah tulis. Tetapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, presisi kesalahan tidak jauh, tidak sampai satu persen," pungkasnya. 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID