logo rilis

Harkonas 2018, Yuk Jadi Konsumen Bijak dan Cerdas!
Kontributor
Ning Triasih
20 April 2018, 14:47 WIB
Harkonas 2018, Yuk Jadi Konsumen Bijak dan Cerdas!
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini merupakan momen khusus yang ditujukan bagi para konsumen Indonesia. Ya, tepatnya setiap 20 April, diperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Apa itu?

Melansir dari laman resmi Harkonas, Hari Konsumen Nasional diperingati guna meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya. Selain itu, Harkonas juga diharapkan dapat menempatkan konsumen sebagai objek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk buatan negeri.

Harkonas ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pemilihan 20 April sendiri mengacu pada terbentuknya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Terbentuknya Undang-Undang Perlindungan Konsumen pada 20 April 1999 bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual dalam era demokrasi ekonomi, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

Peringatan Harkonas dilaksanakan oleh pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, serta Kementerian Perdagangan.

Latar belakang diperingatinya Hari Konsumen Nasional sendiri yakni lantaran perlindungan konsumen di Indonesia masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Terbukti dari banyaknya kasus sengketa konsumen yang hingga kini belum juga tuntas. Belum lagi berbagai permasalahan yang tidak terlaporkan akibat konsumen tidak mengetahui hak dan kewajibannya.

Penetapan Harkonas sendiri ditujukan agar makin banyak pihak yang termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pelaku usaha yang makin beretika dalam menjalankan usahanya.

Untuk lebih detail, tujuan Harkonas adalah sebagai berikut:

1. Sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.

2. Menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.

3. Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.

4. Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.

5. Mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen.

Selamat Hari Konsumen Nasional...


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)