logo rilis

Harkannas, Selalu Sajikan Ikan di Meja Makan!
Kontributor
Ning Triasih
21 November 2018, 21:33 WIB
Harkannas, Selalu Sajikan Ikan di Meja Makan!
FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Tepat hari ini, Rabu (21/11/2018), tengah diperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-5. Sudahkah Anda makan ikan?

Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap 21 November, ditetapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono sewaktu masih menjabat sebagai presiden pada  24 Januari 2014 melalui Keppres Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Tercetusnya Harkannas sendiri guna mendorong konsumsi ikan di Indonesia, serta diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan dengan protein berkualitas tinggi.

Selain itu, penetapan Harkannas juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal, namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

Mengapa penting makan ikan?

Selain tinggi protein, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berguna untuk pertumbuhan otak, serta kalsium, vitamin D dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Ikan menjadi salah satu solusi dalam menangani permasalahan gizi masyarakat serta dapat meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia.

Seperti yang dikatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam salah salah satu unggahannya di Instagram @susipudjiastuti115, "Makan ikan sehat, kuat, cerdas dan gembira. Berani unjuk kemampuan."

Selamat Hari Ikan Nasional dan dangan lupa selalu sajikan ikan di meja makan! 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)