logo rilis
Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Sejenak Setop Merokok!
Kontributor
Ning Triasih
31 Mei 2018, 16:13 WIB
Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Sejenak Setop Merokok!
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Merokok, bisa dikatakan sudah jadi gaya hidup sebagian orang, terlebih bagi kaum adam. Meski keterangan bahaya merokok itu sendiri tertera pada bungkusnya, tetap saja tak lantas membuat perokok berhenti mengisap gulungan tembakau tersebut.

Ahli kesehatan mana pun, pasti menyebut jika rokok sangat membahayakan kesehatan, di antaranya dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kanker, impotensi dan masih banyak lagi. Saking bahayanya, setiap 31 Mei, diperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Melansir dari berbagai sumber, Hari Tanpa Tembakau Sedunia merupakan gerakan untuk menyerukan pada para perokok di seluruh dunia agar sejenak berhenti merokok selama 24 jam secara serentak. Peringatan ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai kebiasaan merokok yang menyebar luas, serta dampak buruknya bagi kesehatan. 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia digagas oleh  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1987. Melalui peringatan tersebut, WHO mendesak negara-negara di dunia untuk melawan pertumbuhan rokok yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada banyak cara untuk memperingati Hati Tanpa Tembakau Sedunia ini, bisa dengan menyelenggarakan pawai, demonstrasi, kampanye iklan, serta komunikasi langsung dengan masyarakat, lewat poster dan program-program pendidikan yang menyosialisasikan tentang bahaya tembakau dan rokok untuk kehidupan.

Menurut catatan, diperkirakan, merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Angka tersebut bahkan terus meningkat.

Celakanya, rokok tak hanya membahayakan si pemakai saja, tapi orang-orang di sekitar yang terpapar langsung dengan asap rokok. Ya, yang terkena dampak membahayakan dari rokok bukan  hanya perokok aktif, tetapi juga para perokok pasif.

 


500
komentar (0)